Seorang Operator Alat Berat Tewas Ditembak KKB di Sugapa Intan Jaya

Jenazah Manoach Rumansara korban penembakan KKB saat hendak dievakuasi menggunakan pesawat menuju Nabire/dok:Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Teror penembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi di kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Selasa (30/08) pagi.

Kali ini seorang operator alat berat dari PT. MUJ bernama Manoach Rumansara tewas ditembak.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal kepada wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa siang membenarkan peristiwa penembakan tersebut.

"Korban merupakan karyawan PT. MUJ yang sedang melaksanakan perbaikan jalan di Distrik Sugapa, Intan Jaya," ungkap Kamal.

Ia menyebut, korban mengalami luka tembak di bagian dada, perut dan ketiak dan akhirnya meninggal dunia saat hendak dievakuasi dari Sugapa menuju Kabupaten Nabire menggunakan pesawat terbang.

"Korban saat di evakuasi ke Puskesmas Sugapa masih dalam keadaan hidup, Namun saat hendak dirujuk menggunakan pesawat terbang ke Nabire, korban meninggal dunia," sebutnya.

Kamal menambahkan, kasus ini masih didalami oleh pihaknya. Dugaan dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), ungkap Kamal, karena berdasarkan keterangan sejumlah saksi yang melihat langsung kejadian penembakan tersebut.

Saat ini,  lanjut ia, pasca kejadian situasi keamanan di wilayah Distrik Sugapa masih dalam keadaan kondusif.

"Pasca kejadian, personil TNI Polri yang tergabung dalam Satgas Damai Cartens langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan upaya upaya penegakan hukum," pungkas Kamal.

Sebelumnya, pada peringatan 17 Agustus 2022 lalu, KKB terlibat kontak tembak dengan aparat keamanan TNI Polri di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Intan Jaya. Beruntung dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

Diberitakan sebelumnya, TPNPB KODAP VIII Intan Jaya telah mengirim berita acara sidang Istimewa dimana hasilnya Undius Kogeya terpilih menjadi Panglima Kodap VIII Intan Jaya dan Apeni Kobogau Wakil Panglima, serta Komandan Operasi KODAP VIII Intan Jaya Karel Tipagau, Wakil Komanda Operasi Apeletinus Kobogau, Kepala Staff Kodap VIII Intan Jaya Agus Kogeya dan Sekeratis KODAP VIII Intan Jaya Amu Yegeseni.

"Sidang Istimewa TPNPB Kodap VIII Intan Jaya ini telah dilakukan berdasarkan kekosongan oimpinan Kodap VIII Intan Jaya,"ujar Juru Bicara Komando Nasional Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sebby Sambom kepada wartaplus.com, Rabu (10/8/2022).

Ini dilakukan, kata Sebby karena Gusby Waker telah dilantik sebagai Komandan Operasi Umum WPA dibawah Komando Demianus Magai Yogi, dan pelantikan ini telah dilakukan tanggal 1 Juli 2022.

Dengan fakta-fakta ini, maka Jubir Komnas TPNPB Tuan Sebby Sambom telah laporkan kepada Kasum TPNPB Mayjen Terryanus Satto, maka beliau setuju untuk sidang istimwewa segera dilakukan, supaya memilih penanggungjawab TPNPB Komando Daerah Pertahanan VIII Intan Jaya.

"Dan berdasarkan persetujuan ini, pimpinan dan pasukan TPNPB di Wilayah Pertahanan VIII Intan Jaya telah berhasil laksanakan sidang istimewa dan sudah pilih punya pimpinan baru dan kembali siap berperang,"ujar Jubir Komnas TPNPB-OPM Sebby Sambom.**