Ternyata Ini Alasan KKB Bakar Truk Milik PT. Putra Dewa di Paniai

Truk milik PT. Putra Dewa Paniai yang dibakar KKB di Distrik Bibida,Paniai/dok:Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali menebar teror dengan membakar satu unit truk milik PT. Putra Dewa Paniai yang tengah melaksanakan proyek pembangunan Puskesmas Bibida, di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Jumat (19/08) dini hari.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H dalam keterangan persnya, Sabtu (20/08) menuturkan bahwa, aksi pembakaran yang dilakukan KKB tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. 

Soal motif pembakaran, ungkap Kamal, diduga karena perusahaan tidak menepati janji terhadap KKB

“Untuk motif pembakaran tersebut diketahui bahwa adanya pembicaraan antara pihak perusahaan dengan kelompok KKB yang membahas tentang uang keamanan, namun tidak terealisasi hingga saat ini,” ungkap Kamal.

Lanjut ia, dugaan sementara pelaku pembakaran dilakukan oleh kelompok KKB Paniai pimpinan Stefanus Kobogau dan Ayun Waker yang merupakan anggota KKB Kodap VIII Kemabu Kabupaten Intan Jaya.

Aksi pembakaran pertama kali diketahui oleh warga yang melihat sekelompok KKB mendatangi lokasi proyek Puskesmas Bibida.

“Saksi melihat sekelompok KKB yang mendatangi proyek Puskesmas Bibida langsung melakukan pembakaran terhadap satu unit truk yang terparkirdi depan pintu masuk Puskesmas dan diketahui milik PT. Putra Dewa Paniai,” jelas Kamal.

Ia menambahkan, pihak Kepolisian Resor Paniai saat ini telah melakukan pemanggilan terhadap Kepala Kampung, beberapa saksi dan juga pengawas perusahaan yang menangani proyek Puskesmas Bibida untuk dilakukan koordinasi dan penyelidikan

Untuk diketahui perusahaan PT. Putra Dewa Paniai (PDP) merupakan perusahaan yang akan membangun Puskesmas di wilayah Distrik Bibida Kabupaten Paniai.**