Seorang Pendulang di Koroway Dipenggal Kepalanya, Sebby Sambom Klaim Dibunuh KKB

Korban pendulang yagn tewas dibunuh OTK di area pertambangan Kawe Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Selasa (19/07) lalu/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Seorang warga pendulang emas dikabarkan tewas dibunuh dengan kepala terpenggal di wilayah suku Koroway tepatnya di lokasi tambang ilegal Kawe Awimbon, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Lokasi tambang ini diketahui berada di tengah perbatasan Kabupaten Pegunungan Bintang, Yahukimo dan Boven Digoel.

Kabar soal kasus pembunuhan sadis ini dibenarkan Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.

Saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (20/07/2022) malam, Kamal membeberkan identitas korban yang diketahui bernama Adis, warga membenarkan peristiwa pembunuhan tersebut.

"Iya benar. Kasusnya sudah ditangani Polres Pegunungan Bintang," kata Kamal.

Ia mengaku, berdasarkan informasi yang diterimanya terkait kronologis kejadian berawal ketika korban yang sedang menjaga kios bersama temannya, tiba tiba didatangi oleh beberapa Orang Tak Dikenal (OTK) dan langsung masuk menyerang korban.

“Dua orang tak dikenal tersebut masuk ke dalam kios menanyakan korban sambil memegang parang, sedangkan yang lainnya berjaga- jaga diluar,” ungkap Kamal.

Jasad korban dibungkus seadanya menggunakan kain terpal

Lanjut ia, ketika korban disuruh membuka bajunya, rekan korban langsung mengambil kesempatan untuk melarikan diri dan melaporkan peristiwa penyerangan tersebut ke masyarakat yang berada di lokasi tambang 96.

“Saat ini Polres Pegunungan Bintang masih melakukan koordinasi untuk menuju ke Lokasi kejadian guna mengevakuasi  jenazah korban,” pungkas Kamal.

Kasus pembunuhan terhadap pendulang di area tambang emas ilegal yang berada di Pegunungan Bintang kerap terjadi.

Terakhir kasus pembunuhan terhadap Suriadi, seorang pendulang di area penambangan tradisional Distrik Kawe, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, 04 Juli 2022 lalu. Korban tewas dibacok saat berada di dalam kiosnya.

Dikutip dari seputarpapua.com, TPNPB-OPM kembali mengklaim bahwa telah menewaskan seorang yang dituding sebagai anggota intelijen Indonesia yang menyamar sebagai pendulang emas tradisional di wilayah Korowai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Selasa malam, 19 Juli 2022.

Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom mengatakan, peristiwa ini dilaporkan secara langsung oleh Bocor Sobolim selaku pimpinan pasukan TPNPB wilayah Yahukimo.

“TPNPB dibawah pimpinan Bocor Sobolim berhasil bunuh seorang anggota intelijen Indonesia yang menyamar sebagai Pendulang emas di Korowai pada hari ini, Selasa, tanggal 19 Juli tahun 2022, dan pembunuhan telah dilakukan tepat pukul 19.00 malam waktu Papua,” demikian disampaikan Sebby Sambom dalam siaran persnya.**