Satu Pelaku Pembantaian Karyawan PTT di Beoga Puncak Dikabarkan Tewas Tertembak

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal saat meberikan keterangan pers di Mapolda Papua, Senin (30/05)/Istimewa

ILAGA, wartaplus.com - Satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dikabarkan tewas dalam kontak senjata dengan personil Satgas Ops Damai Cartenz, di lapangan Trikora Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Jumat (27/05) lalu. 

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H, kepada wartawan di Jayapura, Senin (30/05) membenarkan kejadian tersebut.

"Iya benar, ada satu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang meninggal dunia, namanya Lerinus Murib anggota KKB pimpinan Bumunggur dan Titus Murib," ungkap Kamal.

Ia menjelaskan, kontak senjata terjadi ketika personil Satgas Ops Damai Cartenz 2022, melakukan patroli di sekitar lapangan Trikora, yang mana dalam lapangan tersebut sedang ada acara bakar batu.

Kamal menyebut, berdasarkan keterangan personel yang berada di lokasi kejadian, telah dipastikan yang meninggal adalah anggota KKB berdasarkan keterangan warga setempat.

“Akan tetapi jenazah anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tersebut sudah dibawa oleh rekan-rekannya setelah kontak senjata selesai dan sudah mereka bakar pada Jumat,"

Ia menambahkan, Lerinus Murib diketahui terlibat dalam lima aksi kekerasan antara lain:

 Pertama, kasus pembakaran sekolah di Beoga pada 8 April 2021, 

Kedua, 4 juni 2021 terlibat aksi pembunuhan 5 orang warga di kampung Niporolome, dimana salah satu korbannya adalah perempuan. 

Ketiga, 27 Januari 2022 kontak tembak dengan anggota Yonif R 408/SBH di Distrik Gome menyebabkan tiga anggota gugur Pratu Rahman, Serda Rizal, Pratu Baraza. 

Keempat, pada 1 Maret 2022 terlibat pembantaian karyawan dan warga sipil kamp Palapa Timur Telematika (PTT), Distrik Beoga yang mengakibatkan 8 orang meninggal dunia.

Kelima, pada 22 April 2022, terlibat dalam pembakaran Kantor dan aset Perusahaan PT. Martha Tunggal Teknik (MTT) yang berada di Kampung Kago Distrik Ilaga Kabupaten Puncak.

Kamal menambahkan, situasi saat ini di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak terpantau aman dan kondusif serta masyarakat masih melakukan aktivitas normal seperti biasa.**