KPU Papua Siap Laksanakan Semua Tahapan Pemilu Serentak 2024

Acara peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 yang digelar secara virtual di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Senin (14/02) malam/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - KPU Provinsi Papua mengklaim siap melaksanakan semua tahapan Pemilu serentak 2024 di bumi cenderawasih.

Penegasan ini disampaikan bertepatan dengan peluncuran Hari Pemungutan Suara Pemilu Serentak Tahun 2024 yang digelar secara virtual di Hotel Grand Abe, Kota Jayapura, Senin (14/02) malam.

Acara peluncuran dihadiri seluruh jajaran KPU Provinsi Papua, Bawaslu dan juga perwakilan partai politik.

“Kegiatan ini sebagai moment istimewa yang digelar secara nasional, terkhususnya bagi kami selaku penyelenggara dalam mempersiapkan Pemilu secara profesional dan berintegritas,” ujar Ketua KPU Provinsi Papua, Diana Dorthea Simbiak.

Menurut Diana, dalam jangka waktu 2 tahun setelah peluncuran, maka KPU baik Provinsi maupun 29 kabupaten kota memastikan siap melaksanakan semua tahapan pelaksanaan Pemilu sebagaimana jadwal nasional pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Secara tahapan tentunya dimulai dari sosialisasi terkait pelaksanaan Pemilu, selanjutnya terkait anggaran dan yang paling penting adalah pemuktahiran data,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Papua, Adam Arisoy menuturkan dengan waktu persiapan yang cukup panjang maka setelah peluncuran ini pastinya memberikan satu landasan, kepastian hukum dalam hal penyiapan semua perangkat pelaksanaan dalam mempersiapkan Pemilu Serentak 2024.

"Tentunya dengan persiapan-persiapan tersebut akan menjadi bagian yang sangat penting bagi penyelenggara dalam hal melakukan konsolidasi dan sosialisasi pelaksanaan tahapan Pemilu Serentak 2024 bersama pemerintah, Partai Politik maupun peserta untuk menyukseskan pemilu serentak di tahun 2024 mendatang," tukas Adam.

Ia menambahkan, dengan waktu yang panjang, pihaknya memiliki banyak waktu untuk menyiapkan semua program Pemilu Serentak termasuk dukungan SDM terkhususnya bagi penyelenggara tingkat bawah.**