Video Pengibaran Bintang Kejora Berkibar

Pengibaran Bendera Bintang Kejora di GOR Cenderawasih Sudah Direncanakan

Tampak sejumlah pemuda mengibarkan bendera bintang kejora di halaman GOR Cenderawasih/Istimewa.

JAYAPURA ,wartaplus.com – Kepoliisan Daerah Papua mengamankan 8 orang pemuda yang terlibat dalam pengibaran bendera Bintang Kejora di Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih Rabu (01/12/2021) siang.

Saat ini kedelapan pemuda sementara menjalani pemeriksaan intensif di Mapolda Papua terkait motif pengibaran bendera bintang kejora di GOR Cenderawasih yang bersebelahan dengan Mapolda Papua.

“Tadi siang ada 8 orang pemuda yang ditangkap pasca pengibaran bendera bintang kejora di GOR Cenderawasih. Saat ini kedelapan pemuda sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut,”kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal kepada wartawan di Mapolda Papua, Rabu (1/12/2021) sore.

Kamal mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan, diduga kuat kedelapan pemuda tersebut sengaja mengibarkan bendera bintang kejora di samping Mapolda Papua.

“Kedelapan pemuda ini datang ke GOR Cenderawasih ini tidak berbarengan. Dari keteragan sementara mereka datang terpisah. Dugaan sementara bahwa ini sudah di skenariokan. Mereka sengaja mengibarkan bendera bintang kejora dan melintas di depan mapolda,” bebernya.

Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait motif dan rencana yang disusun oleh delapan pemuda tersebut.

“Kita akan dalami keterangan mereka guna mengungkap motifnya. Dari pemeriksaan yang dilakukan juga ditemukan bahwa mereka sudah melakukan komunikasi dengan seseorang untuk datang ke lokasi. Mereka juga tidak saling mengenal,” ujarnya.

“Meski begitu, kita dapat petunjuk bahwa aksi ini sudah direncanakan,” katanya.