Usai Tembak Mati Anggota TNI, KKB Kembali Berulah Bakar Kios Warga di Yahukimo

Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua/dok.beritasatu.com

JAYAPURAwartaplus.com - Sebanyak lima unit kios yang berada di wilayah Distrik Suru Suru, Kabupaten Yahukimo, Papua dikabarkan telah dibakar oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada Selasa (23/11) mengakibatkan warga setempat melarikan diri ke kampung terdekat.

Dandim 1715 Yahukimo Letnan Kolonel Inf Christian F.R Ireeuw saat dikonfirmasi via telepon seluler, Selasa malam membenarkan informasi pembakaran tersebut

"Informasi begitu yang kami terima," singkat Dandim.

Ia mengaku, saat ini sebagian wilayah Distrik Suru Suru telah dikuasai oleh KKB pimpinan Tendius Gwijangge. Hal ini karena hampir sebagian besar warga dan tenaga kesehatan telah meninggalkan Distrik untuk berlindung ke tempat yang aman.

"Warga dan nakes kabur, orang sipil mereka menghindar dulu, tapi posisi mereka aman," ungkap Dandim.

Seperti diberitakan sebelumnya, KKB pimpinan Tendius Gwijangge menyerang Koramil Persiapan Suru-Suru pada Sabtu (20/11) pagi. Kontak senjata terjadi selama kurang lebih enam jam, mengakibatkan satu anggota BKO Apter Koramil Suru Suru, Sertu Ari Baskoro gugur.

Sementara Komandan Koramil Kapten Inf Arviandi mengalami luka tembak dan bacokan, dan kini telah mendapatkan perawatan medis RS Marthen Indey Jayapura.**