Venue Klemen Tinal Rollersport Arena

Venue Cabor Sepatu Roda Jadi Arena Terbaik di Asia Tenggara, Sayang Pagarnya Dari Seng

Para pekerja sedang merapikan seng-seng alumunium yang dijadikan pagar Klemen Tinal Rollersport Arena/Istimewa

JAYAPURA ,wartaplus.com – Venue Cabang Olahraga (cabor) Sepatu Roda PON XX Papua menjadi arena terbaik di Asia Tenggara. Hal ini terbukti setelah perusahaan dari Italia Vesmaco Asia memberikan sertifikat berstandar internasional setelah dinlai layak oleh federasi Internasional World Skate.

Venue cabor Sepatu Roda Buper panggung penonton sebanyak 650 kursi, dan memiliki panjang lintasan 200 meter. Venue cabor Sepatu Roda Buperpun telah memenuhi, standar Tata cahaya dengan lampu lintasan berkekuatan 3000 lux dari Belanda. 

Wakil Ketua Umum Binpres PB Porserosi Jeffry Abel, mengatakan venue cabor sepatu roda PON, karena telah memenuhi syarat. 

"Tentunya dengan predikat yang diperoleh, venue tersebut dapat digunakan sebagai venue olimpiade, bahkan world championship lainnya," katanya, Senin (30/8/2021)

Dirinya juga menjelaskan untuk mendapatkan sematan berstandar internasional, proses pengajuan hingga disahkannya tidaklah mudah. "Proses pengerjaannya dilakukan sangat presisi atau tidak mudah, terutama serapan dana yang dibutuhkan sangat besar," terangnya.

Ia juga memberikan catatan penting, walaupun telah memiliki kemampuan dana yang luar biasa, akan tetapi jika tidak mengikuti minimum requirement, maka venue cabor tidak akan mendapatkan sertifikat keabsahan. 
Terakhir, Jeffry berharap dengan diberikan sertifikat kelayakan, atlet sepatu roda Papua dapat lebih optimis dalam gelaran PON XX 2021. 

Kemudian terkait rencana ke depan, pihaknya akan melakukan beberapa program khusus setelah PON. 
Salah satunya penempatan Timnas Indonesia cabor Sepatu Roda, yang akan melakukan sesi latihan di Jayapura, menuju Asian Games di Guangzhou China september 2022. 

“Dukungan dan doa mampu menambah pundi-pundi Emas bagi kontingen Papua terlebih pada Road to Asian Games 2022 Hangzhow China nantinya bisa terisi darii atlit atlit Papua.

Pagar Seng

Sementara itu Humas Porserosi Papua,  Vanwi Roberth menegaskan Venue ini rencana akan dinamakan Klemen Tinal Rollersport Arena. “Nama Venue ini sebagai bentuk penghargaan kepada almarhum Pak Kelemnt atas jasanya di cabang olahraga sepatu roda Indonesia dan juga di Papua,” bebernya.

Bahkan kata Vanwi, berkat kerjakeras dan  kepemimpinan Almarhum Klement Tinal , Indonesia pernah menyumbang 4 keping medali pada  Asian Games 2018. 

Ia pun berharap adanya upaya pemerintah dalam memperhatikan Venue PON XX yang telah mendapatkan sertifikat berstandar Intenasional dan terbaik di Asia Tenggara.

“Saya harapkan pemagaran keliling dapat dilakukan secara baik dan propirsional jangan dari seng almunium seperti ini. Apalagi atlet terbaik se Indonesia akan datang melihat  langsung arena ini. Miris liatnya .” bebernya.

Sementara itu, Venue Manager Cabor sepatu roda, Hengky Mandag juga menambahkan agar lintasan 42km di jembatan yotefa juga harus menjadi atensi PB PON XX dan Pemerintah daerah.

"Jenis olah raga ini masuk sebagai Red Sign Sport yg memiliki resiko accident cukup tinggi, dengan kondisi jalan seperti cukup berpengaruh,” terangnya.*