Video Injak Kepala Warga Ulah Anggota, Besok Sertijab Danlanud dan Dansatpom Lanud JA Dimara Merauke

Pangkoopsau III, Marsda TNI Bowo Budiarto saat memberikan keterangan pers di Sentani, Kabupaten Jayapura/ Andy

JAYAPURA ,wartaplus.com - Pasca kejadian penganiyaa dua oknum anggota TNI AU terhadap seorang warga di Merauke, Pangkoopsau III, Marsda TNI Bowo Budiarto menggelar pertemuan dengan Forkopimda Papua di Lanud Silas Papare Jayapura, Kamis (28/07/2021) siang. 

Dalam pertemuan yang menutup itu, Pangkoopsau III mendapat masukan dari Forkopimda papua tentang langkah-langkah konkrit yang perlu dilakukan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan damai di Papua.

"Terima kasih atas masukan yang sudah diberikan kepada kami untuk mengambil langkah-langkah konkrit dalam menangani kejadian ini. Perintah panglima TNI tegas bahwa kita akan menyelesaikan masalah ini dengan transparan," kata Pangkoopsau III, Marsda TNI Bowo Budiarto kepada wartawan di Sentani, Kabupaten Jayapura , Kamis (28/07/2021) sakit.

Ia bahkan menyebut, sertijab Danlanud dan Dansatpom Lanud Merauke akan dilaksanakan pada Jumat besok.

" Panglima dan KASAU sudah mencopot jabatan Danlanud dan Danstapom Lanud Merauke. Kemudian besok saya akan memimpin sertijab keduanya," ujarnya.

"Sekali lagi kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas tindakan dua oknum anggota kami di Merauke yang tentunya merugikan kita semua. Kita tidak inginkan kejadian ini terulang kembali," sambungnya.

Sementara menyangkut dua oknum TNI AU yang melakukan penganiyaan, Pangkoops III mengatakan keduanya sudah ditahan dan dalam waktu dekat akan menjalani persidangan.

"Proses pemecatan itu tidak bisa dilakukan dalam sehari, itu butuh waktu. Tetapi tindakan yang diambil sudah ada, dimana dimasukkan dalam sel dan kebebasan mereka sebagai anggota sudah tidak ada," terangnya.

"Masalah proses hukum kita menunggu tahapan selanjutnya, yakni ke pengadilan dulu dan masuk tahapan berikutnya. Jadi mari kita ikuti bersama karena prosesnya akan dilakukan secara transparan dan bisa diikuti oleh semua masyarakat," imbuhnya. 

Sementara itu, dari surat keputusan Kepala Staf Angkatan Udara nomor Kep/23-PKS/VII/2021 tanggal 28 Juli 2021 mengangkat Kolonel Pnb Gotot Winardi sebagai Komandan Lanud JA Dimara memanggil Kolonel Pnb Hardy Arief.

Sementara Walikota Pom Antariksa Irawan akan ikut serta sebagai Dansatpom Lanud JA Dimara penambahan Walikota Pom Fari Slamet Nur Yudha.