PTFI Berikan Bantuan Peralatan Oksigen Konsentrator kepada RSMM dan RSUD Timika

Penyerahan simbolis 10 unit alat Oksigen Konsentrator oleh Vice President Community Development PTFI, Nathan Kum, kepada Direktur RSMM, dr. Joni Ribo Tandisau di halaman RSMM Timika, pada Selasa (20/7/2021)/Istimewa

TIMIKA,wartaplus.com - Menindak lanjuti komitmen perusahaan untuk turut serta dalam upaya mitigasi kenaikan kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika, PT Freeport Indonesia (PTFI) menyerahkan bantuan berupa alat Oksigen Konsentrator sebanyak 20 unit kepada Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Timika untuk menangani pasien positif Covid-19 di kabupaten Mimika. Penyerahan bantuan ini dilakukan di halaman RSMM pada Selasa (20/7). Penyerahan bantuan oleh Vice President Community Development PTFI Nathan Kum dan diterima langsung oleh Direktur RSMM dr. Joni Ribo Tandisau.

Dalam rilis yang diterima wartaplus.com, Rabu (21/7/2021), bantuan dari PTFI berupa alat Oksigen Konsentrator ini tujuannya adalah untuk meringankan beban dan tanggungjawab dari kedua rumah sakit tersebut dengan semakin meningkatnya kasus positif Covid-19.

Vice President Community Developent Nathan Kum mengatakan, “Freeport terus mendukung pemerintah dan masyarakat dalam penanganan pandemi Covid-19. Seperti hari ini, kita menyerahkan bantuan Oksigen Konsentrator kepada RSMM dan RSUD Mimika. Bantuan ini sangat penting, karena kita ketahui bersama oksigen sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien Covid-19. Saat ini Freeport menyerahkan 20 unit alat Oksigen Konsentrator, masing-masing rumah sakit mendapatkan 10 unit. Harga satu unit Oksigen Konsentrator sebesar Rp. 41.000,000,00 jadi totalnya sekitar Rp. 820.000.000,00." kata Nathan.

Foto : Penyerahan simbolis 10 unit alat Oksigen Konsentrator oleh Vice President Government Relations PTFI, Jonny Lingga, diterima Staff RSUD, Syafri, di halaman Klinik ISOS Kuala Kencana, pada Selasa (20/7/2021)/Istimewa

Nathan Kum menambahkan, semua yang dilakukan ini sebagai komitmen perusahaan dalam turut serta melakukan pencegahan, penyebaran, dan penanganan Covid-19 di Kabupaten Mimika.

"Di tengah masa pandemi ini, perusahaan turut menghimbau kepada masyarakat dan juga khusus karyawan, selalu mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Semoga pandemi ini segera berakhir, sehingga kegiatan bisa dilakukan seperti biasa,"ujarnya.

Sementara itu Direktur RSMM dr. Joni Ribo Tandisau mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada PTFI yang sudah banyak membantu RSMM baik secara langsung maupun melalui YPMAK. “Saat ini kita sangat membutuhkan oksigen dalam penanganan pasien, khususnya pasien Covid-19. Perlu diketahui, RSMM saat ini sangat kesulitan dalam penyediaan oksigen. Produksi oksigen di RSMM hanya mampu 12 tabung perhari. Sementara kebutuhan sehari-hari saat ini membutuhkan 50 tabung,"katanya.

Selain memberikan bantuan kepada RSMM dan RSUD di Timika, pada hari yang sama PTFI juga memberikan bantuan 10 unit Oksigen Konsentrator kepada Klinik Kuala Kencana yang diserah terimakan oleh Vice President Government Relation Jonny Lingga diterima langsung oleh Syafri dari perwakilan RSUD, disaksikan HR Manager ISOS, Sofia Indradewi.

“Alat buatan Jerman ini sangat efisien karena bentuknya portabel dan dapat menghasilkan 94 persen oksigen murni bagi pasien yang sedang dirawat di RSUD dan RSMM,"ungkap Jonny Lingga.

Dalam penanganan pasien positif Covid-19, Oksigen sangat dibutuhkan. Oksigen Konsentrator adalah alat yang digunakan untuk memberikan oksigen tambahan bagi pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik (Chronic Obstructive Pulmonary Disease / COPD) termasuk pasien positif Covid-19 yang sangat membutuhkan konsentrasi oksigen yang lebih tinggi.

Keuntungan menggunakan alat ini adalah dapat membantu memberikan oksigen tambahan pada penderita hipoksemia kronik, edema paru dan pasien positif Covid-19.

Oksigen Konsentrator adalah jenis perangkat medis yang digunakan untuk mengirim oksigen ke seseorang dengan gangguan pernapasan. Seseorang yang dalam darahnya lebih rendah dari biasanya sering memerlukan mesin ini untuk menggantikan oksigen itu.

Oksigen Konsentrator menyaring udara di sekitarnya, mengompresnya ke kepadatan yang diperlukan dan kemudian mengirimkan oksigen kadar medis yang dimurnikan ke dalam sistem pengiriman dosis-pulsa atau sistem aliran berkelanjutan ke pasien.

Alat ini dilengkapi dengan filter khusus dan saringan yang membantu menghilangkan Nitrogen dari udara untuk memastikan pengiriman oksigen yang dimurnikan sepenuhnya kepada pasien. Perangkat ini juga dilengkapi dengan antarmuka pengguna elektronik sehingga dapat menyesuaikan tingkat konsentrasi oksigen dan pengaturan laju oksigen kemudian pasien menghirup oksigen melalui kedua hidung atau melalui masker khusus.*