Satgas Nemangkawi Klaim Lumpuhkan 15 Anggota Teroris Papua

Tampak sejumlah kelompok teroris yang melakukan teror terhadap warga dan aparat di Ilaga, Puncak/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com– Satuan Tugas Operasi Nemangkawi yang bertugas di Ilaga, Kabupaten Puncak mengklaim telah melumpuhkan 15 anggota teroris papua dalam sebulan terakhir. Dari total 15 anggota teroris papua yang dilumpuhkan, 4 orang dinyatakan tewas, sementara 11 lainya mengalami luka tembak.

“Dalam satu bulan ini ada 15 anggota teroris papua di Ilaga yang berhasil dilumpuhkan. Dari 15 orang tersebut, 4 empat orang anggota teroris tewas dan 11 lainnya terluka akibat kontak senjata dengan aparat gabungan TNI-Polri,” kata Wasatgas Humas Nemangkawi, AKBP Arief Fajar Satria, saat dikonfirmasi pada Sabtu (12/6/21) petang.

Selain anggota teroris papua, Arief juga mengungkapkan bahwa phaknya telah melakukan penangkapan terhadap sejumlah orang yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) kelompok bersenjata maupun pemberian informasi tidak benar atau hoaks, provokasi kebencian maupun bentuk teror lainnya.

“Tidak hanya anggota teroris, tapi kita (TNI-Polri) juga menangkap mereka yang berafiliasi dengan kelompok ini. Karena mereka ini (penyebar hoax) membuat masyarakat panik dan ketakutan sehingga kita wajib melindungi masyarakat. Kita ingin agar papua ini aman dan damai agar pembangunan bisa berjalan dengan baik,” tegasnya.

Arief menambahkan, pihaknya juga sudah mengidentifikasi kelompok teroris bersenjata di papua yang sering melakukan teror maupun jaringan kelompok maupun lokasi camp yang mereka tempati.

“Pergerakan mereka sudah teridentifikasi sehingga kita akan melakukan penegakan terukur kepada kelompok ini. Cepat atau lambat pasti kelompok ini akan kita tumpas,” pungkasnya.*