Dialog Papua: Refleksi, Visi dan Aksi

Komjen Paulus Waterpauw: Perbuatan KKB di Papua Sangat Mengerikan

Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Komisaris Jenderal Paulus/Roberth

JAYAPURA,wartaplus.com - "Sejumlah kelompok diaspora Papua yang tinggal di berbagai negara terlibat dalam pergerakan separatisme Papua. Mereka di antaranya Oktovianus Mote (Amerika Serikat), Jacob Rumbiak (Australia), Rex Rumakiek (Vanuatu), Leonie Tanggahma (Belanda), dan Benny Wenda (Inggris). Ada kelompok diaspora yang memang selalu membawa permasalahan-permasalahan di berbagai negara," ujar Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Komisaris Jenderal Paulus Waterpauw dalam Simposium Nasional bertajuk "Dialog Papua: Refleksi, Visi dan Aksi" secara daring yang diselenggarakan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia bersama dengan Research Centre for Security and Violent Extremism (RECURE), Senin (10/5/2021) sore.

Selain Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri, Komisaris Jenderal Paulus Waterpauw narasumber lain Drs. Akmal Malik, M.Si (Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri), Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, S.T., M.T (Rektor Universitas Cendrawasih), Laksamana Madya (TNI) Freddy Numberi (Tokoh Papua), Dr. Sri Yunanto, M.Si (Direktur Eksekutif Institute for Peace and Security Studies/IPSS), Prof. Dr. Cahyo Pamungkas, M.Si (Peneliti tentang Papua LIPI), Dr. Margaretha Hanita, S.H., M.Si (Dosen Kajian Ketahanan Nasional SKSG UI), Yan Permenas Mandenas, M.Si (Anggota Komisi I DPR RI)

Dia melanjutkan, juru bicara dan aktor penting Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Victor Yeimo, telah ditangkap pada awal Mei 2021. Nama-nama yang dia sebutkan itu diduga berkolaborasi dengan media, gereja, badan eksekutif mahasiswa (BEM), aliansi mahasiswa Papua, dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. 

Dia mengatakan, KKB Papua mempunyai perlengkapan persenjataan. Terdapat empat kabupaten rawan gangguan KKB, yakni Intan Jaya, Mimika, Puncak, dan Nduga, yang didiami sejumlah kelompok KKB. 

Intan Jaya ada kelompok KKB yang dipimpin Sabinus Waker, Undius Kogoya, dan Lewis Kogoya. Puncak ada lima kelompok KKB yakni Goliat Tabuni, Lekagak Telenggen, Peni Murib, dan Ando Waker. 

Kemudian di Mimika dan Nduga terdapat masing-masing satu kelompok KKB yakni Joni Botak dan Egianus Kogoya. Menurut Paulus, peningkatan unsur-unsur kekerasan dan teror tidak hanya ditujukan kepada aparat, tetapi juga menyasar masyarakat sipil dan merusak fasilitas warga. 

Dengan demikian, pemerintah melakukan labelisasi teroris kepada kelompok KKB di Papua tersebut. Paulus menegaskan, penyebutan KKB bukan untuk seluruh masyarakat Papua, melainkan kelompok tertentu pembuat teror. 

"Karena perbuatan mereka sangat mengerikan, bukan kepada aparat saja, tetapi juga kepada masyarakat sipil lainnya," kata dia. 

Paulus memerinci rekapitulasi korban KKB, penindakan KKB dan KKP, kerusakan properti, serta aksi terbaru KKB sepanjang 2021. Setidaknya ada 18 kasus penembakan dan kontak senjata dengan korban meninggal dunia satu kabinda, satu anggota polri, empat anggota TNI, dan tujuh masyarakat sipil, serta delapan orang-orang luka-luka (dua polri, tiga TNI, dan tiga masyarakat). 

Kemudian, 19 anggota KKB dilakukan penindakan, 11 orang di antaranya meninggal dunia dan delapan orang ditangkap. Ada juga 24 anggota KKB dan KKP yang menyerahkan diri. 

Selain itu, terdapat sejumlah fasilitas yang dibakar KKB, antara lain satu unit pesawat, lima sekolah, dua asrama guru, serta enam rumah warga. Paulus menuturkan, pihaknya masih terus mencari anggota KKB yang melakukan kejahatan, meskipun praktiknya sulit karena mereka memahami medannya. 

"Hanya prosesnya tidak langsung diumumkan, tidak langsung diputuskan, harus lewat pengadilan. Hari ini sedang diuji di pengadilan atau disampaikan tentang daftar-daftar itu dengan berbagai tuntutan perbuatan mereka yang kemudian oleh hakim di pengadilan akan diputuskan iya atau tidak," tandas Paulus Waterpauw.*