Kapolda Perintahkan Satgas Nemangkawi dan Brimob ke Puncak Berantas KKB 

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Kepolisian Daerah Papua rencana akan mengirimkan perkuatan personil Brimob guna membackup pengamana di Distrik Beoga yang kini menjadi tempat aksi dari kelompok criminal bersenjata kelompok Sabinus Waker dan Lekagak Telenggen.

Hal itu diungkapkan Kapolda Papua Inspektur Jendral Polisi Mathius D Fakhiri ketika diwawancarai di Kota Jayapura, Sabtu (10/4) pagi.

Menurutnya personil yang di kirim ke Beoga berjumlah 1 pleton dari Brimob Polda Papua, yang nantinya personil ini akan memperkuat Polsek yang ada di Distrik Beogar.

“Saya akan mengirim Satu Pleton Brimob untuk memperkuat Polsek Beogar, mengingat di sana sudah ada 25 anggota yang melakukan PAM Rahwan,” cetusnya.

Selain melakukan pergeseran pasukan dari Brimob Polda Papua, Kapolda pun telah memerintahkan Tim yang di bentuk langsung oleh Kapolri, untuk melakukan penindakan terhadap KKB di Distrik Beoga.

“Kita hari ini kita akan mendorong satgas nemangkawi untuk melakukan penegakan hukum di sana, karena tim ini dibentuk Kapolri untuk penindakan,” tegasnya.

Jendral Bintang dua ini pun menyampaikan akan bertolak ke Kabupaten Mimika untuk melakukan evaluasi guna penindakan terhadap kelompok criminal bersenjata yang kini diketahui keberadaanya di Distrik Beoga Kabupaten Intan Jaya.

“Kelompok ini sejak 2020 berada di Intan Jaya dengan tujuan ke Freeport, karena terhimpit mereka ke Puncak karena ada undangan Lekagak, yang pada akhirnya mereka bergabung dan melakukan aksi di Beoga,” beber Kapolda.*