Kapolri Resmikan Monumen Komjen DR.M Jasin di Akpol Semarang

Monumen Komjen DR.M Jasin di Akpol Semarang/dok.Humas Polda Papua

SEMARANGwartaplus.com - Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah perjuangan bangsanya, demikian juga Polri yang besar perlu selalu mengingat Sejarah Perjuangan serta Dharma Bhakti para tokoh pendahulunya.

Pun dengan kisah Inspektur Polisi Moechammad Jasin yang dengan gagah berani mengubah nama Tokubetsu Keisatsu Tai ( Polisi Jepang ) menjadi  Polisi Istimewa dan tunduk pada Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang  baru merdeka beberapa hari. 

Kemudian Polisi Istimewa membuktikan Kesetiaan dan Bhaktinya kepada Negara dan Bangsa Indonesia. 

Dimana sebagai langkah awal yang dilakukan Polisi Istimewa adalah mengadakan pembersihan dan pelucutan senjata terhadap Tentara Jepang yang kalah perang.

Sosok Moechammad Jasin dengan pangkat terakhir Komjen Polisi tercatat dalam sejarah Kepolisian, bahkan untuk mengenang jasa dan dharma baktinya, Polri membangun monumen di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang dan baru diresmikan Kapolri Jendral Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi, Kamis (25/03)

Monumen ini dibangun Alumni AkabriPol Pertama 1970/WASPADA dibawah pimpinan Kapolri

Menurut Kapolri, pembangunan monumen ini guna mengenang dan sekaligus sebagai  penghormatan kepada seorang Tokoh Polri Pahlawan Nasional Komjen Pol (P) Moechammad Jasin, sekaligus untuk memberikan Pembinaan Tradisi Santi Aji dan Santi Karma kepada Taruna Akademi Kepolisian sebagai generasi penerus Polri.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Para Kapolri pada masanya, Dubes Croatia di Zagreb, Keluarga Bapak M Jasin, para Alumni AKABRIPOL PERTAMA 1970 dan para Perwakilan Angkatan Alumni AKABRIPOL.

"Patut kita apresiasi atas peresmian monumen patungg pahlawan nasiona DR.Moechammad Jasin, sebagai monumen perjuangan dan bhakti Polri," ucap Kapolri.**