Jurnalis Ikut Divaksin

101 Orang Menerima Vaksin Covid-19, Tiga Orang Mengalami KIPI 

Pimpinan Redaksi Wartaplus.com, RI Vanwi Subiyat saat menerima vaksinasi Covid-19 dari Dr Aaron Rumainum, untuk tahap pertama yang dilakukan di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Jumat (12/3/2021) siang/Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Sedikitnya lima puluh jurnalis yang ada di Kota Jayapura, menerima vaksinasi covid-19 di Aula Dinas kesehatan Provinsi Papua, Jumat (12/3/2921) siang.

Selain jurnalis, sejumlah petugas pelayan publik dari PMI, coass atau co-assistant  dan sejumlah tenaga kesehatan dari Kabupaten Nduga juga turut menerima vaksin covid-19.

“ Jumlah hari ini yang menerima vaksin Covid-19 ada dari jurnalis ada 50-an orang, kemudian dari PMI ada sekitar 40-an, dari Dinkes 4 orang, lalu ada dari coas dan tenaga kesehatan dari Nduga. Total yang menerima vaksin sebanyak 101 orang,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum saat ditemui di Dinas Kesehatan Provinsi, Jumat sore.Aron menyebut, jumlah dosis yang digunakan untuk vaksinasi kali ini sebanyak 9 field multi dosis dan 1 field singel dosis.

“Target kita sebenarnya hanya 80 orang, tapi jumlahnya lebih. Untuk vaksinasi kali ini kami menggunakan 9 field multi dosis dan satu field singel dosis kepada 101 orang ini,”ujarnya.

Aron mengungkapkan, dari 101 orang yang menerima vaksin tahap pertama ini, terdapat tiga orang yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) seusai menjalani vaksinasi covid-19, sehingga harus mendapat perawatan medis.

“Setelah 1 jam divaksin, ada 3 orang yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Ada 2 orang yang muntah-muntah sehingga kita lakukan pemasangan infus dan pemberian anti muntah kemudian dibawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut. Sementara 1 orang lagi setelah dikasih obat sudah baikan dan langsung pulang ke rumah,” ungkapnya.

Meski begitu, Aron mejelaskan bahwa Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) ini bukan hal yang serius.
“ Ini bukan hal yang serius karena dari 101 orang yang menerima vaksin covid-19 hari ini hanya 3 orang yang mengalami KIPI, sementara 98 lainnya dalam keadaan baik-baik saja. Mungkin juga karena kondisi tubuh mereka tidak siap untuk menerima vaksin,” jelasnya.
Rencananya, ratusan orang ini akan kembali menjalani vaksinasi Covid-19 tahap kedua pada 26 Maret mendatang di Dinas kesehatan Provinsi Papua.