Refleksi Kinerja Polda Papua

Jumlah Kekerasan KKB di Tahun 2020 Meningkat, 17 Orang Meninggal Dunia

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw bersama Wakapolda Brigjen Pol Mathius Fakhiri dan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A.M Kamal saat menyampaikan refleksi akhir tahun/Andy

JAYAPURA,wartaplus.com - Jumlah kasus kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama tahun 2020 meningkat drastis. Bahkan tidak tanggung-tanggung meningkatkan hingga lima puluh tiga persen dibanding tahun 2019 lalu.

Jika di tahun 2019 jumlah kasus kekerasan oleh KKB hanya berjumlah 32 kasus, namun ditahun 2020 meningkat menjadi 49 kasus atau naik 17 kasus.

Peningkatan kasus kekerasan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata ini tersebar di 7 kabupaten. Diantaranya Kabupaten Nduga 8 kasus, Intan Jaya 23 kasus, Mimika 9 kasus, Puncak Jaya 2 kasus, Keerom 1 kasi dan Pegunungan Bintang 6 kasus.

Kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ini diantaranya kasus penembakan, penganiyaan dan perampasan Senjata Api (Senpi).

Akibat dari aksi kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyebabkan 26 orang luka-luka dan 17 orang lainnya meninggal dunia.