Komnas HAM Singgung Jokowi, Soal Janjinya kepada Masyarakat Papua

JAYAPURA,wartaplus.com - Mengelola kondisi Kamtibmas di Papua dalam menghadapi kelompok sipil bersenjata, Komnas HAM RI Perwakilan Papua ingatkan Presiden Joko Widodo untuk memilih sosok Kapolri yang tepat.

 "Ini supaya tidak semata-mata mengunakan pendekatan keamanan tapi pendekatan penegakan hukum yang terukur dan negosiasi adalah alternative agar tidak mengundang reaksi internasional dalam prespektif HAM," ujar Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua Frits Bernard Ramandey kepada wartaplus.com, Selasa (29/12 / 2020) pagi. Diungkapkannya, ingat isu HAM dapat memberikan dampak buruk bahkan dengan isu HAM bisa mendorong disintegrasi Papua dari Indonesia.

Paulus Waterpauw

"Komnas HAM RI Perwakilan Papua juga ingatkan Presiden Joko widodo untuk penuhi janjinya kepada masyarakat Papua, untuk menempatkan sosok putra Indonesia asal Papua di jabatan strategis di Mabes Polri atau bahkan menjadi Kapolri," kata Ramandey. Kata dia, Irjen Pol Paulus Waterpauw adalah sosok putra Papua di jajaran Polri yang tepat bisa melanjutkan kepemimpinan Kapolri sebelumnya yaitu Tito dan Idham.*