Kapolda: Mari Menjaga situasi di Kabupaten Boven Digoel Tetap Aman dan Kondusif

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw/Roberth

BOVEN DIGOEL,wartaplus.com –  Kunjungan kerja Kapolda Papua dan Danrem 174/ATW guna memastikan Pemilukada susulan di Kabupaten Boven Digoel berjalan dengan aman, Senin ( 28/12/2020) di Kabupaten Boven Digoel, telah berlangsung

Hadir dalam kegiatan yakni, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, Danrem 174/ATW Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Ketua KPU Prov Papua selaku KPUD Boven Digoel Theodorus Kosay, S.S M.HUM, Anggota komisioner Bawaslu Provinsi Papua Ronald Manoack, Irwasda Polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, S.IK, Karolog Polda Papua Kombes Pol Sus Eddi Tavip, Direktur Intelkam Polda Papua Kombes Pol Guntur Agung Supono, SIK, MSi, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, Kapolres Boven Digoel, AKBP Syamsurijal, SIK, dan Dandim 1711/BVD Letkol Czi. Daniel Panjaitan.

Kunjungan Kapolda Papua ini dalam rangka meninjau dan memastikan Pemilu susulan yang sedang berlangsung di Kabupaten Boven digoel agar berjalan aman dan lancar.

Dalam kesempatan tersebut Kapolda Papua mengatakan, saya bersama Danrem Merauke, Irwasda dan beberapa Pejabat Utama Polda Papua meninjau kegiatan Pemilukada susulan ini yang memang menjadi perhatian dari oimpinan kita di Pusat.

"Dan tadi saya bersama Danrem, Kapolres dan Dandim berkeliling melihat secara langsung sudah ada beberapa TPS yang telah selesai melaksanakan pemungutan suara.

Untuk aktifitas masyarakat berjalan seperti biasanya kemudian nanti kita juga akan terus memonitor perkembangan hasilnya. Dan saya berharap semua pasangan calon menerima hasil rekapitulasi baik di tingkat Distrik maupun Kabupaten. Dan bersama sama menjaga situasi di Kabupaten Boven Digoel tetap aman dan Kondusif,"ujarnya.

Ungkap dia, dirinya mendapatkan laporan adanya keterlambatan pendistribusian logistik namun tadi  sudah mendapat laporan bahwa logistik sudah sampai dalam keadaan aman.

Bagi kami yang penting adalah situasi ini tetap kondusif dan yang menjadi atensi dari kami adalah penyelenggara apa yang menjadi kendala agar segera di benahi.

"Kami TNI dan Polri siap membantu apapun itu demi kelancaran proses pemilihan susulan ini. kami tidak ingin ada logistik yang tersendak ataupun terlambat di karenakan jangan sampai muncul pertanyaan mengapa demikian yang nantinya di khawatirkan akan menimbulkan kesalah pahaman"ujarnya.

Saat ini kita juga masih berada dalam situasi Pandemi Covid 19 saya berharap kita bisa menyesuaikan dengan adab kebiasaan baru atau new Normal. Meskipun ada koreksi itu adalah PR kita bersama untuk bagaimana menjaga situasi ini tetap aman dan kondusif serta Pemilu ini tidak melahirkan Klaster baru di tempat ini.

Danrem 174/ATW Merauke Dalam penyampaiannya akan selalu siap membantu rekan-rekan dari Polri guna kelancaran proses Pilkada susulan ini baik itu dari perbantuan Pam Pilkada.

"Pada prinsipnya apapun yang di minta oleh Kapolda dan Kapolres kami siap membantu sehingga pelaksanaan pilkada ini bisa berjalan aman dan kondusif.

Karena ini merupakan atensi dari pimpinan pusat, yang mana saat ini semua mata tertuju pada Kabupaten Boven Digoel karna permasalahan yang telah terjadi kemarin. Namun kami TNI-Polri dan penyelenggara terus berkoordinasi sehingga permasalahan ini bisa teratasi dengan baik,"tandasnya.

Besar Harapan kami kepada seluruh warga masyarakat agar bersama sama menjaga situasi ini, agar siapa pun yang menjadi pemenang dalam pemilihan ini tetap kita dukung karena inilah konsekuensi dari sebuah perlombaan.*