Masa Tenang

Situasi Kondisi Kabupaten yang Laksanakan Pilkada Aman dan Kondusif

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH/Istimewa 

JAYAPURA,wartaplus.com - Tahapan Pilkada serentak pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Tanah Papua telah memasuki masa tenang yakni tanggal 6 sampai dengan tanggal 8 Desember 2020 sebelum pencoblosan tanggal 9 Desember 2020.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan untuk situasi Kamtibmas di 11 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada sampai saat ini terbilang aman dan kondusif. Kami harapkan tetap terjaga hingga pasca pencoblosan nantinya.

"Apabila ada tim sukses atau massa dari masing-masing pasangan calon merasa tidak puas dengan tahapan yang telah dilaksanakan hingga saat ini agar menempuh jalur hukum dan tidak mengumpulkan massa yang banyak mengingat saat ini kita masih dihadapi pandemi Covid-19,"ujar Kabid Humas, Minggu (6/12/2020) sore.

Kata dia, pemetaan daerah rawan sendiri memiliki tingkatannya masing-masing, sehingga pengamanan pun disesuaikan dengan tingkatan tersebut.

"Ada beberapa daerah saat ini telah dilakukan beberapa penambahan personel. Untuk Polda Papua sendiri saat ini telah melakukan pergeseran pasukan di 11 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada, dimana sejak tanggal 28 November kemarin hingga 5 Desember,"ujarnya.

Sementara itu, untuk Kabupaten Boven Digoel sendiri saat ini dalam keadaan aman dan kondusif.  KPU Kabupaten Boven  melaksanakan tahapan - tahapan pilkada, dan Bawaslu menindaklanjuti gugatan Paslon 04 dan telah dilaksanakan musyawarah oleh penggugat dan tergugat.

Ini merupakan bulan yang damai bagi umat nasrani yang ada di Papua dimana kita akan memasuki hari natal dan tahun baru. Ini merupakan momentum  untuk bersama sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan damai.

"Terim kasih kepada seluruh masyarakat di Tanah Papua sehingga sampai saat ini Tahapan Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar, Mari kita bersama-sama ciptakan Pilkada yang aman dan damai di Tanah Papua yang kita cintai ini sehingga lahirnya pemimpin –pemimpin  sesuai dengan yang  diharapkan oleh seluruh masyarakat Papua,"tandasnya.

Untuk itu, sekali lagi Kabid Humas Polda Papua menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi dengan Isu sara dan ujaran kebencian, hindari Konflik diantara kita, jaga Persatuan dan kesatuan, wujudkan Pilkada yang aman, damai sejuk dan kondusif serta tetap terapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19.

"Kami juga mengharapkan kepada siapa saja untuk tidak melakukan black campaign atau isu isu yang dapat menimbulkan konflik antara massa dari masing-masing pasangan calon, pihak kepolisian melalui tim cyber patrol akan melakukan langkah hukum apabila ada akun yang melakukan hal tersebut di media sosial,"kata kabid Humas.