Siaga Satu

Rumah Calon Bupati di Boven Digoel Dibakar, Satu Anggota Kepolisian Kena Panah, Wartawan RRI Dianiyaya

Pembakaran yang terjadi di Boven Digoel diduga dilakukan oleh pendukung salah satu kandidat/Istimewa

BOVEN DIGOEL,wartaplus.com - Kediaman milik wakil Bupati Kabupaten Boven Digoel yang juga calon Bupati nomor urut 02, Chaerul Anwar dirusak ratusan orang yang  merupakan simpatisan salah satu pendukung calon, Senin (30/11/2020) sore. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal ketika di konfirmasi membenarkan kejadian itu. "Iya benar ada insiden, yang mana salah satu rumah calon Bupati nomor urut 02, Chaerul Anwar di bakar ratusan massa sekitar pukul 15.30 WIT," cetusnya.

Lanjut Kamal,  sempat dilakukan upaya pemadaman oleh unit pemadam kebakaran, namun sayang masa malah menolak dan mengancam untuk tidak dilakukan pemadaman. "Masa memblokade jalan menuju TKP dan mengancam, sehingga upaya pemadaman batal dilakukan," cetusnya.

Selain rumah milik calon di bakar masa, simpatisan yang berasal dari pasangan calon Nomor urut 04 juga melakukan pengerusakan terhadap kantor bupati serta beberapa posko pilkada. "Salah satu kediaman simpatisan paslon nomor urut 02 di rusak dan juga dibakar massa," bebernya. Kata dia, ironisnya ada dua orang menjadi korban penganiayaan dan penyerangan.

"Dua orang yang menjadi korban yaitu satu wartawan RRI  dan satu anggota kepolisian yang terkena busur panah di bahu sebelah kiri hingga mendapatkan perawatan medis," ucapnya. Saat ini kata Kamal, situasi Kamtibmas di Kabupaten Boven Digoel masuk dalam tahap siaga satu karena eskalasi jelang Pilkada meningkat.

Bahkan besok ada penebalan pasukan BKO Brimob dari Merauke di Kabupaten Boven Digoel, yang mana saat ini rekan rekan TNI telah membackup keamanan.*