Tahanan Kabur

Enam Tahanan Tertangkap, Delapan Lainnya Masih Diburu

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas /Cholid

JAYAPURA,wartaplus.com – Enam dari 14 tahanan yang kabur usai menjebol jendela sel tahanan Polresta beberapa waktu lalu akhirnya tertangkap setelah lari dari pengejaran pihak kepolisian. Hal itu diungkapkan Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas ketika wawancarai, Selasa (24/11) siang.

Menurutnya keenam orang tersebut kini telah diamankan untuk menjalani pemerikasaan guna dimintai keterangan oleh penyidik.“Total yang kami tangkap enam orang dan masih delapan yang kami masih buru,” singkatnya.

Ia pun memina kepada sisa tahanan yang masih berada di luar untuk segera menyerahkan diri secara koperatif, apabila tidak ingin mendapatkan tindakan tegas dari aparat. 

“Kami harap mereka (tahana red) untuk serahkan diri secara baik, maka kami akan terima dengan baik, jangan salahkan kami apabila  kami ambil tindakan tegas,” bebernya.

Sembari melakukan pencarian, pihaknya pun telah membangunn koordinasi dengan pihak keluarga apabila mengetahui keberadaan untuk segera melaporkan kepada pihak kepolisian terdekat.

“Kami sudah meminta kepada keluarga korban termasuk menghimbau kepada masyarakat,” ucapnya.
Kata Kapolresta, para tahanan yang kabur masih berada di seputaran Kota dan Kabupaten terdekat, mengingat akses transportasi laut dan udara sudah di jaga ketat. “Mereka tidak bisa keluar ke daerah lain menggunakan Kapal atau pesawat karena semua sudah di jaga,” ucapnya

Sementara itu diketahui 14 tahan itu kabur pada Selasa 17 November 2020 lalu, usai mengelabui petugas dengan cara mencungkil jendela sel tahanan yang bertingkat dua tersebut.*