Kantor Bapenda dan BPTSP Kabupaten Jayapura Terbakar

Bangunan kantor Bapenda dan BPTSP Kabupaten Jayapura terbakar/ Andy

SENTANI, wartaplus.com - Dua kantor pemerintah milik Kabupaten Jayapura, yakni Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Kantor Badan Perijinan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) hangus terbakar pada Sabtu (21/11) malam.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, mengatakan, api pertama terlihat dari lantai dua bangunan sekitar pukul 21.30 WIT. Kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian.

“ Dari aporan yang kita terima bahwa kebakaran ini terjadi sekitar pukul 21.30 WIT, dari situ kita langsung kerahkan mobil water canon milik polres jayapura untuk melakukan pemdaman,” katanya di lokasi kejadian pada Sabtu (21/11) malam.

“ Api pertama terlihat dari lantai dua dan bisa kita lhat juga bahwa semua yng ada di lantai dua hangus terbakar. Sementara di lantai satu ini masih belum terbakar,” ujarnya.

Meski begitu, kapolres mengaku hingga saat ini belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran dan pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti dan melakukan pemeriksaan saksi.

“ Untuk saat ini belum diketahui penyebab kebakaran, kita masih akan memeriksa sejumlah saksi dan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kebakaran,” jelasnya.

Sekitar dua jam kemudian api berhasil dipadamkan, namun seluruh bangunan lantai dua hangus terbakar. Kerugian akibat kebakaran ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Jayapura, Giri Wijayantoro, menjelaskan bahwa bangunan Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Kantor Badan Perijinan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) yang terbakar merupakan bangunan baru yang selesai dikerjakan tahun 2019 lalu.

“ Ini bangunan baru dan baru selesai dikerjakan tahun 2019 menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten Jayapura,” ucapnya.

Giri juga memastikan bahwa pasca kebakaran tersebut, maka pelayanan di kantor Bapenda dan BPTSP akan dipindahkan sementara sambil menunggu hasil investigasi kepolisian.

“ Besok akan kita rapatkan kemudian kita akan mengambil langkah-langkah. Tapi pasti pelayanan akan dipindahkan sementara karena seluruh bangunan di lantai dua hangus terbakar,” tandasnya.*