Kitong Bisa Enterprise Lakukan Pogram Pelatihan Kewirausahaan

Pelatihan kewirausahaan “UMKM Naik Kelas”/Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com - PT Pertamina (Persero) MOR 8 bekerjasama dengan Kitong Bisa Enterprise melangsungkan program pelatihan kewirausahaan “UMKM Naik Kelas” yang melibatkan UMKM mitra binaan Pertamina yang tersebar di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Pelatihan yang dilakukanSabtu, 7 November 2020 lalu merupakan pelatihan offline edisi perdana yang dilakukan selama 1 hari penuh dan membahas tentang pengenalan transaksi keuangan, pencatatan transaksi keuangan berbasis aplikasi dan teknik pemasaran.

“Pelatihan ini sangat bagus sekali menjelaskan tentang manfaat keuangan, karena kami masih banyak kekurangan sekali terutama dalam hal keuangan seperti uang masuk dan uang keluar,” ujar salah satu peserta yang menghadiri sesi pelatihan ini adalah Barbalina Yakadewa seorang pemilik usaha VCO Liyana Wari dari Kabupaten Jayapura. Begitu pun dengan salah seorang peserta lain yaitu Ibu Ririn, seorang pemilik usaha Ty’p Herbal Drink.

“Pemanfaatan aplikasi keuangan sangat sederhana dan memudahkan untuk pelaku UMKM seperti saya” ujarnya.

Pelatihan ini juga dihadiri oleh Jr. Assistant CSR & SMEPP Pertamina, Fajar Sidiq Fathoni. Ia mengatakanterima kasih untuk partisipasi UMKM mitra binaan Pertamina yang telah hadir dan semangat mengikuti pelatihan pertama ini.

Ke depannya akan ada pelatihan-pelatihan lain yang dijalankan bagi UMKM mitra binaan Pertamina untuk mendukung perkembangan UMKM di Jayapura.

Dalam program UMKM Naik Kelas ini, selain pelatihan offline kami juga memberikan akses pengetahuan secara online melalui Webinar Series bertajuk.

“Bicara UMKM” yang dilaksanakan rutin di setiap minggunya dengan topik dan pembicara yang beragam dari mulai digitalisasi, pemasaran, hingga branding, ujar Mochamad Bintang Rivani CPO Kitong Bisa Enterprise kepada wartaplus, Jumat (13/11) malam.*