dr. Aron Rumainum: KAMI InginTerus Berkontribusi kepada Universitas Cenderawasih

dr. Aron Rumainum/Roberth

 

JAYAPURA,wartaplus.com -  Menjelang Dies Natalis Universitas Cenderawasih ke 63 Keluarga Alumni (KAMI) Universitas Cenderawasih (Uncen), Jumat (6/11/2020) melakukan kegiatan tes kesehatan gratis sehari di Aula Utama Kampus Abepura, bagi dosen di lingkungan Univeritas Cenderawasih. Penanggungjawab kegiatan Wakil Ketua Umum KAMI Uncen Dr Aron Rumainum  (6/11/2020) saat ditemui mengungkapkan, kegiatan ini untuk menyambut Dies Natalis Uncen ke 42. Kata dia, kegiatan ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan Ketua Umum Befa Yigibalom dan Sekjend KAMI Uncen Pieter Ell.

 “KAMI dari alumni mencoba berbuat apa yang bisa kita lakukan baik dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), kami melakukan kegiatan pemeriksaan faktor resiko penyakit tidak menular.  Meliputi wawancara tentang apakah sering olahraga, apakah makan yang asin-asin, makan makanan yang berlemak atau tidak, merokok atau tidak. Kemudian kita melakukan mengukur tinggi badan, berat badan, lingkar perut lalu kita lakukan pemeriksaan kolesterol, gula darah dan tekanan darah,”ujar Wakil Ketua Umum KAMI Uncen ini.

Diharapkan mereka yang melakukan pemeriksaan dapat mengetahui status kesehatan, karena kami prihatin soal kesehatan  maka dilakukan kegiatan ini di lingkuan Uncen. Kata dia, penyakit-penyakit kolesterol, gula darah, tekanan darah  70 persen orang tidak tau dia itu darah tinggi.

“Dari 100 persen diabetes, hipertensi hanya 30 persen yang tau, “ujarnya. Ungkap lagi, penyakit yang terkenal di Papua yaitu Aids, TBC, Malaria. Bila bicara hipertensi, diabetes orang takut.

“Sebenarnya ini kewajiban kabupaten, kota untuk melakukan pemeriksaan mulai dari usia 15 tahun hingga lansia yaitu pemeriksaan gula darah, kolestrol darah dan tekanan darah. Kami sudah dua kali melakukan kegiatan ini di Uncen, dan kami akan terus berkontribusi dan  bekerjasama dengan Uncen, karena ini yang bisa kami lakukan,”tandasnya.

Sebelumnya Dr Rumainum menegaslan, pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeteksi secara dini gangguan kesehatan yang mungkin dialami akibat faktor tertentu di lingkungan kerja. “Pemeriksaan kesehatan merupakan salah satu program kesehatan yang perlu dilakukan oleh tiap untuk mengetahui kondisi terkini dari kesehatan dosen, Dengan terjaminnya kesehatan dosen yang didukung dengan lingkungan kerja yang aman, akan memengaruhi kinerja dan produktivitas kerja,”ujarnya.