Polisi Tangani Kasus Penembakan Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Agustinus Duwitau Korban penembakan sedang mendapat perawatan/Istimewa

INTAN JAYA,wartaplus.com – Terjadi penembakan terhadap seorang warga sipil  betnama Agustinus Duwitau, Rabu (7/10) sekitar  pukul 09.00 WIT di Kampung Damonggoa Distrik Sugapa Kabupaten Intan Jaya. Ini diungkapkan Kabid Humas Pold Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal saat dikonfermasi, Kamis (8/10) pagi

Dari kronologis kejadian yang diperoleh, kejadian berawal saat itu semua gembala (pewarta) yang bertugas di seluruh Stase Gereja Katolik Roma yang berada di bawah Paroki Bilogai melakukan pertemuan di Paroki untuk pembagian tema, termasuk korban Agustinus Duwitau. Setelah kegiatan korban menginap di rumah saudara Ismail Duwitau.

Kemudian pada hari Rabu tanggal 7 Oktober 2020, korban yang hendak ke Kampung Emondi, namun dalam perjalanan sekitar daerah Kampung Damonggoa, korban terkena tembakan sehingga meninggalkan barang bawaan berupa senapan angin dan minyak goreng, garam serta vetsin yang diisi dalam karung berwarna kuning.

Pada saat korban terkena tembakan tersebut korban berlari ke atas ketinggian dan bertemu dengan salah satu warga bernama  ibu Mia Belau kemudian mereka berdua mencari pertolongan.

Pukul 09.00 WIT anggota mendapat informasi dari masyarakat bahwa adanya warga yang terkena tembakan di Kampung Damonggoa.

Sekitara pukul 11.30 WIT, tim evakuasi dipimpin oleh Sdr. Marten Tipagau Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten  Intan Jaya bersama Pastor Yance Yogi dan beberapa tokoh agama katolik menunggu korban di jembatan Kali Wabu.

Pukul 15.05 WIT tim evakuasi bersama Korban tiba di RSUD Intan Jaya Kampung Yokatapa Distrik Sugapa dan langsung mendapat perawatan oleh tim medis RSUD Kabupaten Intan Jaya.

“Agustinus Duwitau (23) laki-laki, mengalami luka tembak pada bagian bahu kiri tembus punggung belakang (bawah leher). Mendatangi TKP, mengevakuasi korban ke RSUD Intan Jaya, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut telah ditangani oleh Polres Intan Jaya,” ujar Kabid Humas Pold Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH. Dikatakan,  saat ini korban masih dalam perawatan tim media RSUD Intan Jaya. Pasca kejadian situasi di Kabupaten Intan Jaya aman dan kondusif.