Peran Bhabinkamtibmas Jadi Tema Dialog Interaktif Polres Merauke

Kapolsek Merauke Kota AKP Dian Novita Pieterz, Sik didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Samkai dalam dialog interaktif di LPP RRI Merauke/dok.Humas Polda Papua

MERAUKEwartaplus.com – Bertempat di Studio LPP RRI Pro 1 Merauke, Rabu (7/10) telah dilaksanakan kegiatan dialog interaktif dengan tema “Sitkamtibmas Kota Merauke dan peran Bhabinkamtibmas Kelurahan Samkai dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif”.

Hadir sebagai narasumber, Kapolsek Merauke Kota AKP Dian Novita Pieterz, Sik didampingi Bhabinkamtibmas Kelurahan Samkai, dengan dipandu oleh penyiar Violeta.

Dialog interaktif ini merupakan kerjasama Humas Polres Merauke dan RRI Merauke yang bertujuan untuk memberikan himbauan Kamtibmas, pesan pesan Kamtibmas, menerima saran dan kritik yang membangun demi perbaikan kinerja Polres Merauke menuju Zona Integritas yang WBK dan WBBM.

Kapolsek Merauke Kota AKP Dian Novita Pieterz, SIK, mengatakan kerja Polsek Merauke Kota cukup luas yang meliputi wilayah Nasem, Wasur, Urumb, Kumbe hingga Semangga.

"Kami siap melayani warga yang datang melaporkan, namun keterbatasan personil dan Mobil Patroli sering menjadi kendala namun kita alihkan ke Polres atau Polsek kawasan Pelabuhan laut," keluhnya.

Kamtibmas di Kota Merauke, lanjut Kapolsek, sepanjang 2020 angka tindak pidana turun 30 persen. Adapun kasus yang menonjol seperti kasus pencurian ternak, kasus viral lewat medsos dan tindak pidana asusila.

"Bhabinkamtibmas Kelurahan Samkai ini cukup berhasil membina masyarakat, terbukti keluar sebagai juara ke tiga Dai Bhabinkamtibmas tingkat Polda Papua, dan selalu mengisi khutbah di salah satu masjid di kelurahan Samkai," puji Kapolsek.

Peran Bhabinkamtibmas Kelurahan Samkai dalam melakukan Binmas Pioneer di pesisir pantai yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi warganya dengan membuat pelatihan, membuat ikan asin, terasi udang dan membuat bakso ikan bahkan sudah di kirim keluar kota Merauke.

"Kami mengharapkan kerjasama warga masyarakat jelang Pilkada di bumi animha untuk mensukseskan Pilkada ini dengan aman dan damai, laporkan segala bentuk kejadian kamtibmas ke nomor 0971 3331048, jangan laporkan ke media sosial," pesan Kapolsek

"Kalau mau curhat dan konsultasi hukum silahkan datang ke Polsek Merauke kota, bijak dalam menggunakan media sosial karena ada UU ITE yang mengaturnya, mari kita jaga bersama kota Merauke ini," pesannya lagi

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Samkai mengajak seluruh masyarakat wilayah hukum Polsek Marauke Kota agar bersama-sama meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan YME.

"Selaku umat yang beragama dan bertakwa kepada TYME, agar senantiasa bekerjasama menjaga, keamanan, ketertiban di lingkungan masing-masing," serunya

Ia menambahkan, Polisi ada karena ada masyarakat, tanpa bantuan masyarakat tugas-tugas Kepolisian tidak akan berhasil sehingga diharapkan peran aktif masyarakat.**