Kronologis

Pengemuman Hasil CPNS Berbuntut Pengerusakan Kantor Bupati dan Pembakaran Kantor Disnaker serta PMK Keerom

Perkantoran milik Pemda Keerom yang di bakar/ Istimewa

JAYAPURA,wartaplus.com – Aksi pengerusakan  Kantor Bupati Keerom dan pembakaran pembakaran Kantor Kantor Disnaker, Kantor PMK Keerom dilakukan oleh massa yang tidak terima hasil pengumuman CPNS Formasi 2018 di Kabupaten Keerom, Kamis (1/10) sekitar pukul 16.16 WIT

Dari kronologis yang diperoleh wartaplus.com sekitar pukul 13:45 WIT, anggota Polres Keerom menuju Kantor Bupati Keerom untuk melaksanakan pengamanan. Pukul 13:56 Wit, anggota Polres Keerom tiba di tempat pengamanan Kantor Bupati Keerom.

Sekitar pukul 16:16 WIT , massa yang berjumlah kurang lebih 250 orang yang tidak terima dengan hasil pengumuman dan melakukan pengerusakan di seputaran Kantor Bupati Kabupaten Keerom dengan melempari kaca bangunan Kantor Bupati dengan batu.  Sehingga anggota gabungan BKO Brimob Polda Papua bersama anggota Polres Keerom mengeluarkan tembakan peringatan ke udara serta menembakan gas air mata  agar massa berhenti melakukan kegiatan anrkisnya. Tak hanya itu melakukan penyemprotan dengan menggunakan mobil Water Canon Polres Keerom dilakukan agar memukul mundur dan melerai massa yang melakukan pengerusakan Kantor Bupati.

Pukul 16:30 WIT, selain melakukan pengerusakan kantor Bupati massa aksi juga  melakukan pembakaran yang menyebabkan seluruh bangunan Kantor Disnaker, Kantor PMK hangus terbakar.

Pukul 17:22 Wit, gabungan anggota BKO Brimob Kotaraja bersama personil Polres Keerom kembali mengeluarkan tembakan peringatan ke udara serta mengeluarkan tembakan gas air mata untuk melerai masa yang melakukan aksi pembakaran, sehingga massa dapat dikendali dan mundur.

Kepolisian melakukan pengamanan, dengan penambahan BKO Polda Papua 1 SSK ( Brimob Polda dan Samapta Polda Papua ), membubarkan massa aksi yang melakukan pengeruskan dan pembakaran disekitar Kantor Bupati, melakukan negoisasi dengan para tokoh, mendata jumalah kerusakan akibat kejadian tersebut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, saat ini situasi dapat dikendalikan oleh aparat keamanan dan anggota masih melakukan pengamanan di sekitar lokasi. “Kantor Bupati Keerom sebagian kaca pecah akibat lemparan batu, Kantor Disnaker dan Kantor PMK hangus dibakar massa,”ujar Kabid Humas, Kamis (1/10) malam

Diungkapkan, jalan Trans Arso yang sempat dipalang oleh massa telah dibuka kembali. Kasus pengeruskan dan pembakaran ini dilakukan pasca pengumuan hasil CPNS Formasi 2018 Kabupaten Keerom. Kami meminta warga lainnya untuk dapat menahan diri dan tidak mudah terprovokasi dengan adanya kejadian yang terjadi saat ini.*