Otsus Sumber Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Papua

Tokoh Adat Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Yans Mallo/dok.Pendim Jayapura

JAYAPURAwartaplus.com - Tokoh Adat Skouw Mabo, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Yans Mallo menjadi salah satu dari sekian tokoh adat di Papua yang mendukung Otonomi Khusus (Otsus) Papua dan Papua Barat tetap berlanjut.

Menurut ia, Otsus adalah sumber pembangunan dan kesejahteraan rakyat Papua sehingga kita harus mendukung dan bersyukur. 

Oleh karena itu ia sangat menyayangkan jika ada oknum atau kelompok yang mengatasnamakan rakyat Papua menolak Otsus tetap dilanjutkan.

Yans menuding oknum atau kelompok tersebut adalah orang orang yang hanya berpikir untuk kepentingannya sendiri.

"Kita harus bersyukur sudah ada Otsus Papua, oknum yang tidak setuju dengan kelanjutan program Otsus hanya untuk kepentingan pribadi dan akan menjerumuskan masyarakat Papua ke dalam lembah kemiskinan dan kebodohan," tegasnya, Kamis (24/9)

Lanjut ia, dengan adanya program Otsus Papua, rakyat Papua akan lebih sejahtera dan tentunyawilayah paling timur dapat mengejar ketertinggalan dari daerah lain di Indonesia. 

"Bukan Dana Otsus yang dihentikan, tetapi dana Otsus harus dikelola dengan benar penggunaannya agar lebih terarah dan tepat sasaran," tukasnya.

Yans menambahkan, program Otsus Papua harus dapat melindungi kepentingan warga asli Papua dan harus menguatkan tiga aspek diantaranya Pendidikan, Kesehatan dan Ekonomi. Sehingga tujuan Otsus dapat tercapai dengan baik.

"Mewakili masyarakat Skouw Mabo, saya menyatakan siap mendukung segala bentuk kebijakan dari program Pemerintah untuk Kemakmuran dan Kesejahteraan kita semua," tegasnya.(Adv)