Pengembangan Akses Jaringan Internet Telkomsel di Kabupaten Jayawijaya

Foto Ilustrasi/Google

JAYAPURA,wartaplus.com - Terkait rencana aksi penyampaian pendapat dari sejumlah elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Jayawijaya, Selasa (23/6) besok, General Manager Network Operation & Quality Management Maluku dan Papua, Adi Wibowo mengatakan, dengan niat yang baik untuk terus bergerak maju, kami berkomitmen untuk mengakselerasikan kualitas jaringan dan layanan telekomunikasi di seluruh negeri tanpa terkecuali, termasuk di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Provinsi Papua secara keseluruhan.

Lanjut dia, yntuk upaya pengembangan kualitas jaringan yang telah dilakukan, sejak tanggal 16 Juni 2020 lalu jaringan Telkomsel khususnya di wilayah Kabupaten Jayawijaya telah terhubung dengan infrastruktur Palapa Ring Timur (PRT) melalui berkolaborasi bersama Telkom Group, dimana sebelumnya hanya menggunakan akses transport backbone melalui satelit (IDR).

 “Dan diharapkan kualitas jaringan kedepannya sudah dapat lebih baik dibandingkan saat hanya mengunakan dukungan akses jaringan dari satelit (IDR) saja. Meskipun infrastruktur jaringan sudah terhubung dengan PRT, Telkomsel tetap membutuhkan tambahan kapasitas bandwith yang memadai untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di wilayah Papua secara keseluruhan,”terangnya.

Ungkap dia, oleh karena itu Telkomsel bersama Telkom Group terus melakukan berbagai upaya dengan memaksimalkan seluruh aset yang tersedia, dan tetap berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait mulai dari Pemerintah RI melalui Kementerian Kominfo RI terutama BAKTI dalam pengembangan jaringan telekomunikasi hingga wilayah 3T.

“Sebagai pemenuhan memenuhi tanggung jawab perusahaan terhadap Kewajiban Pelayanan Universal (KPU) atau Universal Service Obligation (USO) yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Telkomsel juga senantiasa selalu memperkuat kolaborasi bersama Pemerintah Daerah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk dukungan percepatan pemerataan akses layanan telekomunikasi di seluruh wilayah populasi,”ujarnya.

Dikatakan, kami berterima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan di seluruh wilayah Provinsi Papua yang telah menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama untuk akses layanan telekomunikasi. Telkomsel akan terus memperkuat upaya terbaik dengan memaksimalkan seluruh aset perusahaan guna menghadirkan layanan telekomunikasi terdepan bagi pelanggan dari Sabang hingga Marauke, tanpa terkecuali Provinsi Papua termasuk Kabupaten Jayawijaya. “Kami berkomitmen untuk tetap membangun Kabupaten Jayawijaya menjadi lebih maju melalui pemerataan akses telekomunikasi yang handal,”ujarnya

Demo

Seperti diberitakan sebelumnya  rencana aksi demo dilakukan Selasa (23/6) sebagai bentuk protes kepada pihak Telkomsel yang merupakan satu-satunya provider yang beroperasi di wilayah Pegunungan Tengah Papua.

“Sudah banyak sekali keluhan masyarakat di Jayawijaya terkait buruknya kualitas internet di Wamena. Jaringan internet di Jayawijaya ini mungkin sejak Telkom masuk di Jayawijaya sampai saat ini jaringan internet sama saja, ini yang kami ingin protes,”tegas Bone Lany, Koordinator Aksi, pada jumpa pers yang digelar di Wamena, Minggu (21/06). Menurutnya, keluhan akan buruknya kualitas internet di Wamena tidak hanya dikeluhkan segelintir warga, namun hal ini dirasakan semua warga masyarakat.

Sehingga aksi tersebut nantinya selain diikuti warga masyarakat, juga akan bergabung beberapa OKP dan komunitas, seperti HMI, GMKI, KNPI, Komunitas Gamer, Himpunan Mahasiswa Toraja, Labewa 07, PMKRI, Pakustik, UNAIM, Promotor Counter HP dan Media.

Dirinya memastikan aksi pada Selasa nanti pihaknya sudah mengantongi surat ijin dari Kepolisian Resort Jayawijaya, karena sebelumnya pihaknya sudah melakukan pertemuan langsung dengan Kapolres Jayawijaya untuk membicarakan rencana aksi ini.

“Untuk kepolisian kami sudah masukan surat ijin aksi, dan kemarin kami sudah langsung bertemu dengan kepolres secara langsung, dan kapolres sudah menyetujui untuk kami lakukan aksi,” jelasnya.*