240 Calon Haji Kota Sorong Dipastikan Batal Berangkat

Kepala Kantor Agama Kota Sorong, Husein Al Hamid/Ola

SORONG,wartaplus.com - Sekitar 240 lebih calon jamaah Haji Kota Sorong yang seharusnya berangkat ke Tanah Suci, Makkah - Madinah untuk menunaikan rukun Islam kelima, terpaksa batal berangkat.

"Berdasarkan peraturan Menteri Agama nomor 494 tahun 2020 tentang pembatalan haji, maka calon jamaah haji yang sudah melakukan pelunasan ditunda keberangkatannya tahun ini dan akan menjadi prioritas keberangkatan pada tahun 2021," terang Kepala Kantor Agama Kota Sorong, Husein Al Hamid kepada wartawan, Kamis (4/6).

Ditambahkan oleh Al Hamid, bagi Calon jamaah yang mau menarik uang pelunasan dapat dilakukan tapi tidak diperbolehkan mengambil setoran awal pendaftaran haji. Karena jika menarik keseluruhan pendafataran awal haji, maka yang bersangkutan selanjutnya akan menjadi calon jamaah haji baru atau mendapatkan kursi porsi baru.

"Kalau setoran awal yang 25 Juta Rupiahnya ditarik, maka kepesertaan Calon Jamaah Haji dianggap seperti calon Jamaah Haji baru. Tapi jika hanya menarik pelunasan, sekitar 10 jutaan, itu diperbolehkan dan dapat dilunasi lagi tahun depan sebelum keberangkatan," imbuhnya.

Diakui olehnya, ke 240 lebih Calon Jamaah Haji ini statusnya sudah menjalani semua persiapan keberangkatan, mulai dari pelunasan, Manasik haji dan tes kesehatan. Dimana direncanakan, akhir Juni 2020 kloter pertama melalui Sorong sudah dapat diberangkatkan. Namun pada kenyataannya, ada pembatalan dengan alasan keselamatan calon jamaah haji.

Ditambahkan olehnya, sampai hari ini belum ada sosialisasi kepada calon jamaah, karena surat Permenag baru keluar Rabu (3/6), namun ia akan segera menginformasikan langsung kepada calon jamaah Haji dan berharap Calon jamaah Haji dapat memakluminya, karena pembatalan bukan karena faktor kesengajaan tapi karena pengaruh keamanan dan kesehatan calon jamaah pada masa Pandemic Covid 19.

"Kami mengharapkan calon jamaah, bisa bertahan karena dengan adanya kebijakan pemerintah membatalkan keberangakatan haji tahun ini. Ini juga dilakukan untuk menyelamatkan kesehatan Bapak Ibu calon jamaah haji agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karena di sana itu bukan hanya datang begitu langsung urusan Haji, tapi juga kemantapan fisik. Saya mohon pada calon jamaah haji Kota Sorong diharapkan agar bisa bersabar dan bisa menahan diri dalam rangka melaksanakan ibadah haji tahun ini. Pemerintah telah menunda kegiatan perjalanan haji untuk tahun depan mudah-mudahan saja bapak dan ibu calon jamaah haji yang telah menyiapkan diri untuk tahun ini, semoga saja Allah akan memperpanjangkan umurnya di tahun depan untuk bisa berangkat haji,"harap Husein.