Tiga Nakes Positif Covid 19, Bukan Karena Tangani Pasien

Infografis Covid 19 Papua Barat/Istimewa

SORONG, wartaplus.com - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua Barat, Arnoldus Tiniap pada konperensi pers virtual di Manokwari, Senin (1/6) selain mengumumkan status terkini jumlah penanganan Covid 19 di Papua Barat, juga memberikan keterangan terkait adanya 3 orang tenaga kesehatan (Nakes) yang positif Covid 19 yaitu satu orang dokter dan dua orang perawat.

Dokter di salah satu rumah sakit rujukan Covid 19 Kota Sorong menurut Tiniap, terpapar virus Corona saat melakukan perjalanan bukan saat melakukan aktivitas menangani pasien. Sedangkan tenaga perawat satu orang di Kabupaten Sorong dan satu tenaga medis di Dinas Kesehatan Kabupaten Raja Ampat yang positif virus Corona.

Menurut dia, tenaga medis di Kabupaten Raja Ampat yang dinyatakan positif Covid-19 terpapar virus saat melakukan perjalanan bukan pada saat melakukan aktivitas menangani pasien.

"Sedangkan tenaga perawat di Kabupaten Sorong belum ada informasi dari daerah tersebut bahwa terpapar virus Corona karena perjalanan atau saat melayani pasien," ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa total pasien positif virus Corona di Papua Barat hingga 1 Juni 2020 berjumlah 168 orang sehingga diharapkan masyarakat dan tenaga kesehatan terus meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.*