Satu Covid-19 Kasus Baru Ditemukan di Kabupaten Yapen, Total 734 Kasus di Papua

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com - Jumlah warga yang terpapar virus Corona di Provinsi Papua mengalami penambahan 61 kasus baru. Dengan tambahan ini maka jumlah pasien positif COVID-19 menjadi 734 kasus.

“Hari ini ada tambahan 61 kasus positif, dengan demikian jumlah kasus kita menjadi 734 kasus di Provinsi Papua. Dari jumlah ini ada 517 pasien dalam perawatan, 215 dinyatakan smebuh, dan 11 kasus meninggal dunia,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule kepada pers di Kota Jayapura, Jumat malam.

Silwanus menyebut, tambahan 61 kasus hari ini berasal dari Kota Jayapura sebanyak 56 kasus, Kabupaten Mimika 4 kasus dan 1 kasus baru dari Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Dari 61 kasus ini ada 1 kasus baru yang ditemukan di Kabupaten Yapen. Dengan demikian kabupaten terdampak COVID-19 di Papua menjadi 14 kabupaten,”sebutnya.Sumule menambahkan, dari hasil tracking yang dilakukan, pihaknya menemukan 11 orang yang melakukan kontak dengan pasien positif tersebut.

“Dari hasil tracking yang dilakukan tim surveilance ditemkan 11 orang yang melakukan kontak dengan yang bersangkutan sehingga saat ini meraka ditetapkan sebagai ODP sambil menunggu hasil rapid test. Kalau ada yang reaktif maka akan dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR,” jelasnya.

Dengan temuan satu kasus tersebut, Sumule meminta pemerintah daerah bersama tenaga medis setempat fokus melakukan pencegahan dengan mencari dan menemukan kasus sedini mungkin agar dilakukan pengobtan.

“Kami minta kepada tenaga medis di Kabupaten Yapen segera melakukan tracking dan menemukan kasus sedini mungkin dilanjutkan rapid test dan penanganan medis agar tidak ada tambahan kasus,” pintanya. Selain penambahan kasus positif, jumlah pasien sembuh bertambah 12 orang sehingga menjadi 215 orang. “Hari ini ada tambahan 12 pasien yang dinyatakan sembuh, yakni di Mimika 10 orang, Keerom 1 orang dan Kabupaten Jayapura 1 orang,” akunya. Sementara jumlah PDP bertambah 10 orang menjadi 781 orang, ODP bertambah 124 orang dan menjadi 2.768 orang.

“Kita ada penambahan PDP dari Biak 3 orang dan Kota Jayapura 7 orang. Begitu juga ODP 124 ada tambahan dari Jayawijaya 7 orang, Yapen 11 orang, Mimika 83 orang, Boven Digoel 3 orang, Yahukimo 2 orang dan Kota Jayapura 18 orang,” ungkapnya.

Adapun rincian kasus psotif covid-19 di Provinsi Papua adalah Kota Jayapura 252 kasus, Mimika 226 kasus, Kabupaten Jayapura 69 kasus, Biak Numfor 33 kasus, Nabire 19 kasus, Merauke 14 kasus, Boven Digoel 8 kasus, Jayawijaya 7 kasus, Sarmi 4 kasus, Mamberamo Tengah 2 kasus, Supiori 2 kasus, Waropen 1 kasus dan Yapen 1 kasus.