Jumlah Positif Covid-19 di Kota Sorong Alami Kenaikan

Data virus Covid-19 Kota Sorong /Ola

SORONG,wartaplus.com - Juru Bicara Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong, Rudy Laku kembali mengeluarkan keterangan pers terkait hasil pemeriksaan swab sejumlah sampel dari Balitbangkes Makassar, di Posko Tim, Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (17/5). 

Dimana sebelumnya, pada Sabtu (16/5), Rudy mengumumkan 11 sampel positif Covid-19 dan mengumumkan 2 sampel positif sehingga total positif hingga hari ini berjumlah 30 orang.

"Dua sampel tambahan yang positif, yaitu milik R jenis kelamin perempuan, usia 39 tahun dan alamat di Jalan Perikanan. Kemudian MA jenis kelamin laki-laki, usia 43 tahun, juga beralamat di Jalan Perikanan. Jadi total warga Kota Sorong yang positif Covid-19, per hari ini tanggal 17 Mei 2020 sebanyak 30 orang,"ungkapnya.

Menurut Ruddy, saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium dari 1 sampel dimana dari 70 sampel yang dikirim, 69 sampel sudah keluar hasil pemeriksaannya dan satu sampel masih menunggu.

Selanjutnya, berdasarkan update terbaru Covid-19 Kota Sorong, jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 88 orang. Kemudian orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 174 orang, yang telah selesai pemantauan sebanyak 134 orang dan masih dalam proses pemantauan sebanyak 40 orang. 

PDP sebanyak 36 orang, yang selesai pengawasan sebanyak 31 orang dan masih dalam proses pengawasan 5 orang. Meninggal dunia 8 orang, hasil pemeriksaan negatif 116 sampel dan hasil pemeriksaan positif 30 sampel. Tim surfeliance juga telah melakukan pemeriksaan rapid tes, untuk memetakan penyebaran Covid-19 di Kota Sorong sebanyak 707 orang. Dari hasil pemeriksaan rapid tes, yang reaktif 18 orang dan negatif 689 orang.

Ditambahkan Ruddy, saat ini total orang yang diisolasi di Gedung Diklat Kampung Salak, sebanyak 31 orang. Namun karena ada 3 orang yang sudah dikeluarkan dari tempat isolasi, karena tidak menunjukkan gejala lagi maka total orang yang masih diisolasi sebanyak 28 orang. 
"Tiga orang yang sudah dipulangkan karena tidak menunjukkan gejala lagi, adalah dua PDP yaitu inisial SM dan CY dan satu OTG inisial LH. Jadi yang masih diisolasi sebanyak 28 orang," pungkasnya.*