Gubernur Papua Barat Serahkan Ribuan Bapok Tahap Pertama

Wali Kota Sorong, mewakili kepala daerah se Sorong Raya saat memberikan sambutan/Ola

SORONG,wartaplus.com - Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan menyerahkan ribuan paket Bahan pokok (Bapok) tahap pertama kepada kepala daerah se Sorong Raya, di terminal Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Papua Barat, Sabtu (25/4).

"Hari ini bantuan diberikan secara simbolis, kepada para kepala daerah di wilayah Sorong Raya dan juga tokoh-tokoh agama. Bantuan yang diberikan berupa APD yaitu sebanyak 1000 masker. Kemudian bantuan jaring pengaman sosial untuk wilayah sorong raya sebanyak 45.361 paket bapok, dengan total anggaran Rp 6.251.124.060,"terangnya.

Dirincikan oleh Gubernur bahwa pemerintah Papua Barat melalui perubahan APBD Provinsi Papua Barat mengalokasikan anggaran sebesar Rp 197,8 Miliar, untuk mendukung penanganan virus Covid-19 di Papua Barat termasuk untuk jaring pengaman sosial, yang dialokasikan sebesar Rp 48,6 miliar, yang akan disalurkan melalui tiga tahap dari bulan April, Mei dan Juni 2020. 

"Untuk tahap pertama, dialokasikan anggaran sebesar Rp 12,5 miliar untuk seluruh kota dan kabupaten di Papua Barat. Dimana paket bapok yang disiapkan sebanyak 82.962 paket, yang diberikan kepada warga yang benar-benar berhak dan layak mendapatkan bantuan. Estimasi dari sekian warga masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial, kita bisa jawab 25 persen di semua kabupaten dan kota se-Papua Barat. Setelah wilayah Sorong Raya, Saya akan serahkan juga di wilayah lainnya,"imbuhnya.

Ditambahkan olehnya bahwa paket bapok yang akan dibagikan terdiri dari beras 10 kg, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg dan tepung 1 kg. Hanya saja untuk saat ini, stok gula pasir belum ada karena lagi kosong. Dimana untuk Kota Sorong mendapatkan bantuan 21.746 paket, Kabupaten Sorong 8.757 paket, Kabupaten Raja Ampat 4.572 paket, Kabupaten Maybrat 3.463, Kabupaten Sorong Selatan 4.011 paket dan Kabupaten Tambrauw 2.811 paket.

"Jangan dilihat dari berapa besar bantuan atau nilainya, tapi yang jelas ada kepedulian dan niat baik dari Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk berbagi kasih dengan masyarakat yang ada di Papua Barat," harapnya.

Sementara itu mewakili kepala daerah di Sorong Raya, Wali Kota Sorong, Lambertus Jitmau mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua Barat atas perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakat di wilayah Papua Barat termasuk wilayah Sorong Raya. Walikota berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat dan membantu pemerintah daerah dalam ketersediaan bahan makanan selama pandemic Covid-19.

Ia juga meminta pemerintah Provinsi Papua Barat dan kepala daerah di wilayah Sorong Raya untuk mendukung dirinya dalam kebijakan karantina wilayah yang semata-mata diperuntukkan untuk melindungi masyarakat Sorong Raya.

Ia beralasan bahwa sebagai pintu gerbang di wilayah Papua dan Papua Barat, Kota Sorong wajib menerapkan protokol karantina wilayah untuk membatasi penyebaran virus corona melalui jalur udara dan laut.*