Pemkab Puncak Jaya Gelar Musrenbangda Tahun Anggaran 2020

Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menggelar Musrenbangda di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Kamis (23/4)/dok.Humas Puncak Jaya

MULIA,  wartaplus.com - Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya, Kamis (23/4).

Pelaksana harian (Plh) Kepala Bappeda Pirens Aipasa, ST, dalam laporannya mengatakan,  tujuan dilaksanakannya Musrenbangda ini adalah untuk mendapatkan masukan dan penyempurnaan  rancangan awal Dokumen RKPD  tahun anggaran 2021 yang memuat prioritas pembangunan daerah.

Sementara itu, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM mengatakan, tahun 2020 adalah tahun pengurangan peningkatan pembangunan, dan juga terjadi pada pengurangan pelayanan kepada masyarakat, akibat pandemi COVID-19.

“ Dengan adanya penyakit covid 19 ini membuat kita berada dalam situasi yang sulit. Tahun 2019 menuju tahun 2020 mengalami pengurangan dana otsus, Presiden melalui Menteri Keuangan menyampaikan adanya perubahan anggaran, maka dari itu perencanaan pembangunan tidak akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya” ungkap Bupati.

Karena kondisi ini, ungkap Bupati, tidak ada peningkatan pembangunan justru terjadi penurunan pembangunan.

“Program tahun ini tidak akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya karena terjadinya pengurangan dana DAK” tukasnya.

“Semoga apapun yang kita hadapi kedepan kita harus bersama-sama menghadapinya, kita harus belajar menahan diri untuk tidak saling melempar masalah dengan keadaan sekarang. Kita harus mensosialisasikan perubahan yang terjadi kepada masyarakat agar mereka dapat paham dengan apa yang terjadi saat ini,” serunya.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Edy Kusman, S.STP juga mengungkapkan, kendala dalam menjalankan musrenbang mengingat instruksi dari Plt. Sekjen melalui Plh. Dirjen bidang pembangunan itu mengisyaratkan agar musrenbang dilakukan antara OPD dan Distrik.

“ Namun hal ini tidak dapat kami laksanakan di Kabupaten kami, karena mengingat infrastuktur kami terbatas sehingga kami harus menjalankan dalam ruang terbuka. Kami sudah menerapkan Physical Distancing dengan mengatur jarak masing-masing OPD, dan kami hanya mengundang Para Kepala OPD dan Kepala Distrik sehingga tidak menimbulkan terjadinya kerumunan massal dalam satu ruangan,”paparnya

Bahkan, lanjutnya, sebelum kegiatan musrenbang  juga telah dilakukan Penyemprotan Desinfektan serta menyediakan alat kebersihan seperti sabun untuk mencuci tangan bersih.

Kegiatan Musrenbang kali ini dihadiri oleh Ketua DPRD Puncak Jaya Zakarias Telenggen, Sekretaris DPRD Puncak Jaya Daud Wendamili, S.H , M.KP, Kapolres Puncak Jaya AKBP Mikael Suradal, MM , Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Agus Sunaryo, Ketua KPU, Ketua BAWSLU, Para Kepala OPD serta Kepala Distrik di Lingkungan Pemda Puncak Jaya. (Adv)