Bentrok Susulan Kembali Terjadi di Sentani, Wanita dan Anak anak Diungsikan

Tampak sejumlah warga dari Kampung Kehiran berjaga menggunakan alat tajam/ Andy

JAYAPURA, wartaplus.com - Bentrok susulan antar warga Kampung Kehiran dan Kampung Toware, Sentani, Kabupaten Jayapura kembali terjadi pada Senin (20/4) pagi sekitar pukul 10.00 WIT.

Bentrok susulan ini terjadi sebagai aksi balasan dari warga Kampung Toware yang kecewa rumah mereka dibakar oleh warga dari Kampung Kehiran pada Minggu (19/4) kemarin. Dalam bentrok susulan ini, masing-masing kubu membawa alat tajam berupa parang, tombak dan panah dan saling menyerang.

Aparat gabungan TNI-Polri yang berada dilokasi berusaha menghalau massa dengan melepas tembakan ke udara, namun tidak digubris oleh massa dari kedua kubu. Dalam bentrok susulan ini sejumlah rumah milik warga Kampung Kehiran dibakar massa dari Kampung Toware. Kapolisian Polres Jayapura yang berada dilokasi terpaksa meminta tambahan pasukan untuk pengamanan karena kedua kubu semakin beringas.

Dari pantauan dilokasi bentrok, perempuan dan anak-anak diungsikan dari kedua kampung. Warga di Kampung Toware diungsikan ke GOR Toware, sementara Kampung Kehiran mengungsi keluar kampung. Sekitar pukul 12.30 WIT, pasukan bantuan dari yonif 751/Rider dan Brimob Polda Papua tiba aplikasi dan membantu pengamanan.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon bersama Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf Jerry Simatupang masih berada di lokasi berusaha membangun komunikasi dengan tokoh adat dari kedua kampung untuk menghentikan bentrok tersebut.**