PT Freeport Indonesia Sosialisasikan Pencegahan Penularan dan Penyebaran Covid-19

Anak-anak sedang melakukan cuci tangan/Istimewa

TIMIKA,wartaplus.com  -  PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar sosialisasi pencegahan penularan dan penyebaran Coronavirus Disease (COVID)-19 kepada masyarakat Kamoro dan Amungme yang berada di wilayah Kabupaten Mimika sebagai bagian dari komitmen PTFI mendukung kebijakan  Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Mimika serta  melaksanakan kebijakan PTFI dalam penanggulangan pandemik Covid-19.

Sosialisasi kepada masyarakat Kamoro dilakukan sejak akhir Maret lalu difokuskan  pada lima kampung wilayah Daerah Aliran Sungai Kamora, Ajkwa, Mawati dan Minajerwi (DASKAMM).

Penyemprotan disenfektan di gereja/Istimewa

Lalu di tingkat satuan RT/TW yang menjadi sasaran kegiatan, meliputi Kampung Tipuka, Distrik Mimika Timur baik di  Kampung Ayuka, Distrik Mimika Timur Jauh, lalu Kampung Nawaripi, Distrik.   Mimika Baru di Kampung Koperapoka dan Kampung Nayaro yang dilakukan bekerjasama dengan  Pemerintah Distrik Mimika Baru dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19. Kelima kampung tersebut merupakan bagian dari wilayah binaan (warga binaan) PTFI sekaligus wilayah permukiman masyarakat Suku Kamoro.

“Kegiatan sosialisasi pencegahan Covid-19 dilakukan oleh tim lapangan Departemen Community Relations, PTFI bekerjasama dengan unsur pemerintah dari lima kampung tersebut,”ujar Juru Bicara PT Freeport Indonesia Riza Pratama dalam rilis yang diterima wartaplus.com, Kamis  (16/4) pagi

Sosialisasi kepada masyarakat Amungme difokuskan pada daerah pemukiman di dataran rendah,  seperti Mil 32, SP 2, jalan baru dan daerah irigasi, dimana di daerah ini tinggal masyarakat  Amungme yang berasal dari beberapa kampung di dataran tinggi (Banti, Opitawak dan Kimbeli, Tsinga dan juga lembah Hoya). Sementara untuk mencegah penyebaran Covid di dataran tinggi,  Pemerintah Daerah setempat telah memberlakukan kebijakan pembatasan perjalanan.

Anak-anak sedang mencuci tangan/Istimewa

Pada kesempatan sosialisasi ini masyarakat diberikan penyuluhan langkah-langkah sederhana dan penting dalam mencegah penularan dan meluasnya pandemik Covid-19 di wilayah-wilayah  binaan PTFI.

“Selain itu, diperagakan pula pada masyarakat cara-cara menjaga kebersihan dan kesehatan, baik  yang bersifat individual maupun komunal; melakukan penyemprotan cairan sterilisasi (disinfektan) di berbagai fasilitas umum seperti kantor desa, rumah pintar, kantor PKK, rumah  adat, rumah ibadah, pangkalan ojek, pos terpadu, sekolah serta rumah-rumah warga,”tandasnya.

Pada kesempatan sosialisasi ini, PTFI juga membagi-bagikan cairan sterilisasi, masker dan sabun untuk mencuci tangan dan mandi kepada masyarakat setempat.*