Wagub Klemen Lantik Penjabat Sekda Provinsi Papua

Penjabat Sekda Papua, Ridwan Rumasukun menandatangani berita acara pelantikan didampingi Hery Dosinaen/dok. Stafsus Gubernur Papua

JAYAPURA,  wartaplus.com - Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal secara resmi melantik Ridwan Rumasukun sebagai Penjabat Sekertaris Daerah Provinsi Papua menggantikan T.E.A Hery Dosinaen. Acara pelantikan berlangsung di Gedung Negara Dok V Jayapura, Selasa (7/4).

Ridwan Rumasukun sebelumnya menjabat sebagai  Asisten Bidang Umum Setda Provinsi Papua. Selain pelantikan Penjabat Sekda, di kesempatan itu juga turut diambil sumpah dan jabatannya Kepala Biro ULP, Staf Ahli dan Pejabat Analis

Berbeda dengan acara pelantikan pejabat Eselon sebelumnya yang banyak dihadiri tamu undangan, pelantikan kali ini hanya dihadiri tiga puluhan tamu undangan. Mengingat situasi kondisi saat ini, dimana ada pembatasan sosial yakni larangan untuk menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang guna mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

 Wakil Gubernur Klemen Tinal dalam sambutannya mengatakan, pergantian Sekda Papua sebelumnya sudah disetujui Presiden dan Menteri Dalam Negeri, sehingga provinsi wajib melaksanakan dan mengamankannya.

"Kadang-kadang kita harus mundur sedikit agar bisa meloncat lebih jauh dan regenerasi juga bisa berjalan dengan baik," ujar Klemen.

Mewakili jajaran pemerintah Papua, Wagub Klemen meyampaikan terimakasih atas karya yang sudah dibuat Hery Dosinaen selama mengabdi di Tanah Papua.

"Biarlah Tuhan yang akan senantiasa membalas, bahkan lebih tinggi dari apa yang kami pikirkan atas semua kebaikan yang telah di lakukan pak Hery untuk Papua," ucapnya.

Wagub berharap, setelah dari Papua seorang Hery Dosinaen bisa mendapatkan tempat yang lebih tinggi dan tentunya lebih baik.

 "Kami harap beliau (Sekda) bisa jadi Dirjen di pusat, supaya kita bisa lebih mudah berkomunikasi," harap Wagub

Ditempat yang sama, Penjabat Sekda Papua Ridwan Rumasukan menyampaikan tugas seorang penjabat adalah menyiapkan panitia seleksi (Pansel) guna melakukan penjaringan terhadap sekda definitif.

"Saya diberikan waktu selama 3 bulan sudah harus selesai. Oleh karena itu, saya mohon dukungan dari seluruh jajaran agar bisa laksanakan amanah ini dengan baik," ujar Ridwan.

Sementara itu Hery Dosinaen menyampaikan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang sudah mempercayakan dirinya menjabat Sekda Papua selama 6 tahun 3 bulan.

"Saya mohon maaf apabila selama kepemimpinan saya ada yang tidak berkenan. Tapi semua yang kita lakukan kita sepakat untuk kemajuan tanah ini," katanya.**