Polda Papua Tindak Lanjuti Penggunaan Masker Saat Beraktivitas 

Masker/Google

JAYAPURA, wartaplus.com - Pemerintah Indonesia menganjurkan pengunaan masker saat melakukan aktifitas di luar ruangan dengan menindaklanjuti rekomendasi organisasi kesehatan dunia WHO.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menegaskan mulai hari ini seluruh personil Polda Papua diperintahkan untuk selalu menggunakan masker, terutama masker kain lebih disarankan kepada seluruh anggota dalam melakukan aktivitas mereka, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Ia menambahkan, masker bedah dan masker N95 yang saat ini stoknya terbatas hanya untuk digunakan oleh tenaga medis. Untuk sehari-hari, lebih disarankan menggunakan masker kain. Masker kain dapat dengan mudah dibuat di rumah dengan memanfaatkan kain bersih.

"Saat ini kami melakukan imbauan kepada seluruh personel Mapolda Papua dan akan kami lanjutkan kepada Polres jajaran. Setelah itu, kami pihak kepolisian bekerjasama dengan instansi terkait juga akan melakukan himbauan kepada masyarakat tentang penggunaan masker saat melakukan aktivitas diluar rungan," ujar Kabid dalam rilisnya, Senin (6/4).

Saran ini terkait dengan adanya beberapa kasus infeksi virus corona (COVID-19) tanpa gejala yang juga menjadi sumber penyebaran penyakit di Indonesia khususnya di Provinsi Papua. Karenanya, dianjurkan untuk semua pakai masker saat keluar rumah baik itu anggota Polri dan masyarakat.

"Ini sudah diterapkan oleh personel Mapolda dimana saat apel pagi anggota diwajibkan menggunakan masker, ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid 19 di internal kepolisian itu sendiri dan untuk menindaklanjuti anjuran pemerintah pusat dan rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia WHO," imbaunya.*