Cegah Covid-19, Tim Gugus Tugas Puncak Jaya Sosialisasikan Cuci Tangan Bersih

Masyarakat Puncak Jaya sangat antusias mempraktekkan cara mencuci tangan yang bersih demi mencegah covid-19/dok.HumasPJ

MULIA wartaplus.com -  Sebagai upaya pencegahan penyebaran Virus Corona (covid-19) di wilayah Kabupaten Puncak Jaya yang masuk kategori hijau (belum ada kasus corona), Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 menggelar sosialisasi sekaligus mensimulasikan cara mencuci tangan bersih untuk menangkal virus corona, Jumat (3/4).

Kegiatan sosialisasi ini digelar serentak  di enam titik (distrik). Di Kota Mulia, sosialisasi dilangsungkan di Lapangan Alun-alun Kota Baru Mulia, dihadiri oleh Ketua Komisi B DPRD Puncak Jaya Mendi Wonerengga, Sekretaris DPRD Puncak Jaya Daud Wendamili, SH, M.KP, Kepala Dinas Perindag, Ewonggen Kokoya, S.Th, M.AP, Ketua Klasis Gidi Gurage, Kepala Distrik Pagaleme Yotinus Wonda, S. STP dan beberapa Gembala Gereja

Mewakili Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di Kabupaten Puncak Jaya dr. Berly Lokopessy dalam sosialisasi menjelaskan terkait gejala gejala seseorang terjangkit covid-19 yaitu akan gejala demam, pilek, batuk bahkan sesak nafas. Karena penyakit ini menular melalui batuk maka penyakit ini sangat mudah menyebar dan menular karena dapat terkena percikan ludah, begitupun dengan bersin.

“Penting untuk kita mengenal gejalanya agar kita dapat tahu kapan kita harus memeriksakan diri. Ketika kita tertular, tidak begitu saja langsung menimbulkan gejala namun gejala dapat timbul setelah 14 hari. Batuk,beringus, sakit tenggorokan, dan demam kemudian dapat menimbulkan sesak nafas,” urai dokter Berly.

“Ketika daya tahan tubuh kita baik maka kita tidak mudah untuk sakit, namun sebaliknya apabila sistem imun kita tidak baik maka sangat mudah untuk kita terkena penyakit,” sambungnya.

Dari penyebarannya, virus ini sangat mematikan dan berpotensi menyebar kepada siapa saja. Sehingga perlu adanya kesadaran pada diri sendiri, melindungi diri sendiri, serta melindungi orang-orang yang ada di sekitar kita. Cuci tangan menggunakan sabun, gunakan masker jika dalam keadaan tidak enak badan, menghindari kontak langsung dengan orang yang baru pulang dari wilayah yang terserang wabah virus corona, dan hindari mengusap daerah wajah dengan telapak tangan.

“Segala aktivitas yang kita lakukan sebaiknya kita mencuci tangan, kemudian menggunakan masker agar kita dapat melindungi diri. Sangat penting juga untuk menjaga daya tahan tubuh kita agar tetap sehat maka dari itu kita harus mengonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan agar dapat menjaga agar sistem imun kita tetap terjaga,” papar dokter Berly.

 Untuk pencagahan virus corona, kita harus bertanggung jawab untuk melindungi diri dan melindungi orang lain yang ada disekitar kita. Maka dari itu ketika timbul gejala segera mungkin kita memeriksakan diri ke rumah sakit

 

Adapun cara yang harus kita lakukan adalah, menghindari perkumpulan-perkumpulan agar tidak terjadi penyebaran virus, karena virus sangat mudah menyebar melalui perkumpulan, rutin berolahraga dan istirahat yang cukup

Dalam kesempatan sosialisasi tersebut Tim Gugus Tugas Penanganan Covid 19 di Kabupaten Puncak Jaya juga mensimulasikan cara mencuci tangan yang benar. Masyarakat tampak sangat antusias mengikuti sosialisasi dan mempraktekan cara mencuci tangan yang benar

Sosialisasi ini digelar bersamaan di 6 distrik. Hal ini sebagai wujud keseriusan Gugus tugas satgas Covid Puncak Jaya untuk memberikan pemahaman dan publikasi PHBS ke pelosok distrik dan kampung.

Tim penyuluh pencegahan Covid ini siharapkan dapat terjun langsung kelapangan selain dibekali materi yang cukup juga ikut mendistribusikan sabun cuci tangan dan masker hasil kreasi para penjahit lokal kota Mulia yang diproduksi hampir 1000 lebih.

Diharapkan melalui penyuluhan itu, masyarakat mampu menduplikasi pola hidup bersih dan sehat tanpa harus meninggalkan aktivitas berkebun dan sebagainya di kampung. Selain itu proaktif memfiltrasi warga baru dari luar kota yang disinyalir memiliki gejala yang disebutkan.(Adv)