Koarmada III Siap Bantu Pemda Hadapi Perang Melawan Corona  

Prajurit TNI AL saat memberikan sosialisasi kepada keluarga prajurit di perumahan AL Sorong/doc. Armada3

SORONG, wartaplus.com - Asisten Operasi Panglima Komando Armada (Asops Pangkoarmada) III Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro selaku Komandan Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada lll dalam press rilisnya, Senin sore (1/4), mengatakan, Koarmada III serta Lantamal dan Lanal jajaran menyiapkan Rencana Operasi Perbantuan kepada Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Tingkat Provinsi, Kabupaten dan Kota di wilayah kerja masing-masing, menyiapkan petugas medis, alutsista dan fasilitas kesehatan untuk membantu Pemda dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19. 

Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada III juga aktif berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid Daerah untuk mengatasi dan mencegah wabah Corona di Papua dan Papua Barat, mengupayakan dukungan logistik berupa Alat Pelindung Diri (APD), Alkes ke Mabesal dan Mabes TNI. 

Sementara itu, Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada III, terus melakukan sosialisasi penerapan “Social Distancing” dan “Physical Distancing” di Komplek-Komplek TNI Angkatan Laut Kota Sorong. 

Satgas tersebut melaksanakan patroli di beberapa komplek TNI AL dan sekitarnya untuk menghimbau dan menyampaikan kepada keluarga besar TNI AL dan masyarakat agar tetap berada di rumah masing-masing, kecuali untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dan harus memakai masker dengan baik dan benar. Satgas secara bergantian memberikan edukasi kepada masyarakat meskipun berada di dalam rumah masing-masing, sementara yang masih berada di ruang publik diminta secara persuasif mengurangi aktifitasnya.

Dalam mengedukasi keluarga besar Koarmada III dan masyarakat, Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Koarmada III menggunakan berbagai media, yaitu pengeras suara di komplek-komplek dan penerangan mobil, brosur, media online dan media massa. 

"Materi edukasi diawali pentingnya “Social Distancing” dan “Physical Distancing, panduan mengisolasi diri, meningkatkan kekebalan tubuh, tips mengurangi risiko tertular Covid-19, cara memakai masker yang benar, tips mengenali dan mencegah Covid-19, dan bersihkan semua permukaan dengan disinfektan serta berbagai protokol lainnya," imbuh Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P dalam keterangan tertulisnya.*