Satgas TMMD Dampingi Warga Kampung Kibay Bercocok Tanam

Personil Satgas TMMD yang juga Babinsa, Sertu Agus berbincang dengan warga kampung Kibay/dok.Pendam17

KEEROMwartaplus.com - Kampung Kibay di Kabupaten Keerom merupakan daerah subur akan pertanian. Sebagian masyarakat di Kampung Kibay adalah petani yang memanfaatkan lahan pertanian untuk menanam tanaman bernilai ekonomis, seperti tanaman Vanili, Pinang, Jagung, Cengkeh, dalan lain-lainnya

Dimana kampung Kibay menjadi salah satu kampung di papua yang dipilih menjadi lokasi TMMD ke 107. TMMD di Kampung Kibay dikerjakan oleh Kodim 1701/Jayapura dengan  kegiatan utama membangun 1 gereja dan 4 rumah layak huni untuk warga.

TMMD di Kampung Kibay tak lepas dari peran serta Babinsa setempat. Sertu Agus namanya. Ia terus berusaha melakukan komunikasi sosial (komsos) kepada warga setempat, untuk mengetahui kendala yang dihadapi warga dalam meningkatkan kemakmuran, kesejahteraan dan kemanan di Kampung Kibay. 

Sertu Agus meyakinkan warga setempat, bahwa kehadiran Satgas TMMD tidak hanya difokuskan pada pembangunan fisik, namun juga membantu warga menjadikan kampungnya mandiri, pada Minggu (29/03/2020)

‘’Dengan melihat kegigihan dan keuletan warga kampung Kibay, khususnya pada bidang pertanian, lambat laun menunjukkan hasilnya. Sebagai Satgas TMMD, kami senantiasa bertekad membantu warga,”ujar Babinsa Sertu Agus.

Hasilnya, saat ini warga kampung Kibay tidak hanya bisa menanam, tetapi sudah bisa membudidayakannya serta menyediakan bibit tanaman bagi kampung di sekitarnya yang terletak di Distrik Arso Timur.

Semua hasil tersebut tidak lepas dari peran Babinsa Kodim 1701/Jayapura dan pemerintah daerah dalam memajukan Kampung Kibay yaitu melalui pendampingan melalui kelompok-kelompok tani yang sudah dibentuk.

‘’Pembentukan kelompok  tani atas peran dan bantuan pemerintah Kabupaten Keerom dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di bidang pertanian, termasuk dalam kegiatan penyuluhan, pemberian bantuan dan pendampingan,” kata Sertu Agus.

Saat ini ada sejumlah kelompok tani yang mendapatkan pendampingan yakni kelompok Tani Palawija yang ada di Kampung Kibay, serta Kelompok Tani Parpua, Kelompok Tani Dua Saudara dan Kelompok Tani Kisunggi yang berada di Distrik Arso Timur.(Adv)