Update Covid-19 Papua : Positif 9 Orang, ODP 5.569 Kasus

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule/Andy

JAYAPURA, wartaplus.com – Jumlah pasien positif virus corona atau covid 19 di Papua kembali bertambah dari 7 kasus menjadi 9 kasus di seluruh Bumi Cenderawasih. Tambahan 2 kasus ini berada di Kabupaten Mimika.

“ Hari ini kita ada tambahan 2 kasus di Papua. Dua kasus baru ini ditemukan di Kabupaten Mimika, sehingga total yang positif covid-19 di papua saat ini 9 orang,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule di Jayapura, Minggu (29/3) malam.

Sumule mengaku, saat ini 9 pasien yang positif covid-19 sudah berada di ruang isolasi dan dalam pengawasan petugas medis.

“ Kondisi 9 pasien ini sakit ringan hingga sakit sedang, namun dalam keadaan stabil dengan. Mereka masih menjalani perawatan medis di ruang isolasi,” ujarnya.

Selain jumlah kasus positif yang bertambah, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Papua juga mengalami peningkatan seratus persen dari 2.311 kasus menjadi 5.569 kasus.

“ Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) kita juga bertambah 3.258 sehingga total saat ini menjadi 5.569 kasus di seluruh Papua. Jumlah ODP meningkat berdasarkan rekapan sebelumnya. Jumlah paling banyak kami terima dari KKP Jayapura sebanyak 4.087, sementara data dari seluruh kabupaten/kota di papua sebanyak 1.482 orang,” ungkapnya.

Sementara untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Sumule menyebut bahwa terjadi penambahan, namun disaat bersamaan 3 orang yang negatif dipulangkan, sehingga totalnya masih tetap 43 orang.

“ Kita ada tambahan 3 orang namun ada juga 3 orang yang pulang, sehingga total kita masih 43 kasus. Tambahan 3 orang ini di Kota Jayapura, yakni Rumah Sakit Provita 1 Orang dan Rumah Sakit Jayapura 2 orang,” jelasnya.

“ Sementara 3 orang yang pulang dari RS Bhayangkara 1 orang, RS Marthen Indey 1 orang dan RS Abepura 3 orang. Sebelum mereka pulang kami telah melakukan pemeriksaan ulang sehingga bisa mengetahui bahwa merak benar-benar sembuh,” sambungnya.

Sumule menambahkan, dengan bertambahnya jumlah ODP hingga 5.569 kasus, maka pihaknya menghimbau warga untuk mengikuti instruksi pemerintah yakni tetap tinggal di rumah dan tidak melakukan kontak dengan orang-orang.

“ Kami berharap bahwa dengan peningkatan ODP sebanyak 5.569 masyarakat harus memhami bahwa virus ini masih menjadi masalah di tempat kita. Untuk itu kami memohon supaya masyarakat itu mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah dan tidak melakukan kontak dengan orang-orang,” pesannya.

Sumule menyebut, masyarakat adalah garis terdepan yang dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona atau covid-19 ini.

“ Garis depan untuk menyelesaikan kasus ini adalah di masyarakat, kami petugas kesehatan adalah pertahanan terakhir. Mari kita jaga sehingga pertahanan ini jangan jebol, masyarakat harus waspada,” harapnya.**