Patroli Malam Tim Pengamanan Satgas Covid-19, Masyarakat Jayapura Mulai Patuh

Tim Satgas Covid-19 saat melakukan patroli malam / Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Tim pengamanan dan hukum Satgas Covid-19 Provinsi Papua menggelar apel gabungan yang bertujuan untuk melakukan patroli pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Covid-19, di Jayapura, Sabtu (28/3) malam.

Kegiatan Apel tersebut dipimpin AKBP Daniel W. Priyonggo selaku Kabag Kerma Ops Polda Papua dan diikuti sekitar 90 personil gabungan. 

"Kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya untuk kita bersama-sama melakukan pencegahan, pengendalian dan penanggulangan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Papua khususnya Kota Jayapura agar tidak meluas," ujar AKBP Daniel.

Kegiatan patroli tersebut dibagi menjadi 4 Tim, dimana personil yang terlibat dapat menyesuaikan pada Kelompok atau timnya seperti sebelumnya yaitu Tim I yang dipimpin oleh AKBP Daniel W. Priyonggo (Kabag Kerma Ops Polda Papua) akan bergerak di wilayah Jayapura, Tim II yang dipimpin oleh AKBP Carla Yakobus (Kasubdit Binmas Polda Papua) akan bergerak di wilayah Kelurahan Wahno, Kelurahan Wai Mhorock, Kelurahan Vim, Kelurahan Awiyo dan Kelurahan Kota Baru.

Kemudian Tim III yang dipimpin oleh AKBP M. Abdul Jafar (Kasubbag Bin Ops Polda Papua) akan bergerak di wilayah Kelurahan Kota Baru, Kelurahan Hedam dan Kelurahan Waena serta Tim IV yang dipimpin oleh Kompol Ferdinand, M.Si (Kasie STNK Dit Lantas Polda Papua) akan bergerak di wilayah Kelurahan Hedam, Kelurahan Waena dan Kelurahan Yabansai.

"Kita berkumpul disini untuk menindaklanjuti arahan dan perintah dari para Pimpinan Daerah Provinsi Papua dalam melakukan pengendalian maupun pencegahan penyebaran Virus Corona," ujar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua, Musa Isir.

"Sesuai hasil evaluasi terhadap kegiatan yang sebelumnya telah kita lakukan diharapkan masing-masing kelompok / tim dapat lebih mengedepankan pendekatan secara persuasif dan tidak arogan," ditambahkan Welliam R Manderi, selaku Kepala Satpol PP Provinsi Papua. 

Diharapkan, kegiatan malam ini berjalan baik, lancar dan aman serta dapat dilaksanakan secara maksimal dan batas waktu sampai pukul 22.00 WIT untuk  kembali berkumpul setelah patroli guna melakukan konsolidasi dan evaluasi.

Hasil evaluasi dari pemantauan Satgas Covid-19 menemukan bahwa sebagian besar masyarakat sudah mulai memahami dan sadar bagaimana pentingnya pencegahan virus corona ini serta dapat mematuhi peraturan atau imbauan Pemerintah, namun masih juga adanya masyarakat yang ditemukan beraktivitas di luar pada malam hari.**