FKUB Kota Jayapura Ajak Masyarakat Dukung Pemerintah dan Polri Tangkal Pandemi Covid-19

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama Kota Jayapura (FKUB) Pdt Wileem F.L. Itaar / Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com - Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama Kota Jayapura (FKUB) Pdt Willem F.L. Itaar mengajak seluruh warga masyarakat yang ada di Tanah Papua untuk bersama-sama mendukung pemerintah dan Polri guna mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19).

Ia menyampaikan, virus corona kini menjadi viral dan marak diperbincangkan di seluruh dunia dan juga di beberapa negara. Bahkan dampaknya pun meluas hingga di Indonesia yang menjadi salah satu negara Asia tenggara yang dampaknya cukup drastis.

Tak hanya itu, Papua dan Kota Jayapura juga menjadi sorotan karena jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) cukup tinggi dan dikhawatirkan statusnya berubah menjadi PDP. 

"Ini adalah persoalan sementara yang secara serius dilihat oleh pemerintah dan berbagai hal tindakan dilakukan oleh pemerintah untuk mengamankan menjaga baik kehidupan masyarakat umum di Tanah Papua," ujarnya, Sabtu (28/3).

"Dengan sebuah komitmen bahwa virus corona ini tidak boleh menguasasi Papua dan Papua aman dari virus ini, dengan berbagai cara yang dilakukan dan tindakan, saya selaku Ketua FKUB kota Jayapura mengimbau kepada warga masyarakat mari kita bersama-sama dengan pemerintah dan Polri untuk mematuhi apa yang sudah disampaikan oleh pemerintah," katanya.

Imbauan pemerintah tersebut yang wajib dipatuhi seperti melakukan pembatasan aktivitas sosial, menghindari tempat keramaian dan menjaga kesehatan.

"Hal yang berkaitan dengan perayaan pembaptisan, peneguhan sidi dan perjamuan kudus, dapat diatur secara baik sehingga pelaksanaannya dan acara yang dibuat oleh tiap-tiap keluarga menghindari berkumpulnya jumlah banyak orang dan acara tersebut disyukuri saja dengan tidak melakukan pesta besar tapi dapat dilakukan dengan doa syukur," imbaunya.

"Ini bukan berarrti kita mengabaikan iman dan kepercayaan kita dan kesetiaan kita kepada Tuhan tapi ini adalah sebuah tindakan bijak untuk kita mensyukuri yang sedang Tuhan lakukan kepada kehidupan kita, apakah virus corona ini adalah izin dari Tuhan, ini semua untuk membentuk kita supaya taat dan setia, kita menyakatan kesetiaan kita dan ketaatan kita dengan menenagkan diri berada dirumah dan kita berdoa kepada Tuhan,” sambungnya.

Sementara itu, pihaknya juga memberikan apresiasi dan dukungan kepada penyelenggaraan PON XX Papua yang akan berlangsung pada bulan oktober tahun ini.

"Kami memberikan doa untuk penyelenggaraan ini kepada panitia dan juga kepada masyarakat untuk mari kita bersama-sama memberi apresiasi memberi dukungan dan kita melibatkan diri didalam penyelenggraan PON XX Papua dengan apa yang bisa kita lakukan dan yang berikut mari kita sebagai masyarakat mari kita menyiapkan rumah kita keluarga kita apa yang bisa kita partisipasi untuk setuap tamu yang datang ke Papua kita bisa melayani dengan baik terutama kita melayani hidup yang sehat dan PON tetap dilakukan," pungkasnya.**