Tangkal Corona, Tim Persipura Lakukan Tes Kesehatan

Manajer Persipura Jayapura, Rudy Maswi saat melakukan tes kesehatan / Istimewa 

JAYAPURA, wartaplus.com - Tim Persipura Jayapura baru saja melakukan tes kesehatan sebagai bagian dari pencegahan penularan virus corona (covid-19) yang kini mewabah di Indonesia.

Tes kesehatan tersebut dilakukan oleh dokter tim Persipura, Benny Suripatty dan diikuti oleh seluruh pemain hingga official tim dan juga manajemen yang digelar di penginapan tim, Hotel Yasmin Jayapura, Senin (23/3).

"Hari ini tim Persipura Jayapura sudah mulai berkumpul, tapi tidak untuk latihan di lapangan, dokter tim langsung melakukan pemeriksaan," ujar Sekretaris Umum Persipura, Rocky Bebena dalam rilisnya.

Lanjut Rocky, dalam tes kesehatan tersebut tindakan yang dilakukan diantaranya anamnesis (wawancara) plus pemeriksaan fisik khusus (suhu badan dan evaluasi faring). "Tujuannya, agar deteksi awal gejala covid-19, berupa demam dan tanda-tanda gangguan pernapasan (batuk, pilek, dan sakit tenggorokan)," jelas Rocky.

Dalam tes tersebut ada beberapa catatan penting yang menjadi perhatian tim dokter, seperti misalnya faring yakni saluran pertemuan rongga hidung, mulut, tenggorokan dan kerongkongan.

"Pada prinsipnya, tim Persipura tetap akan patuh pada kebijakan pemerintah melalui federasi, lebih khusus lagi PT LIB. Bila hari ini Pemerintah Pusat menginstruksikan apapun, Persipura tidak akan membangkang ataupun melawan. Keselamatan orang banyak menjadi prioritas," tekannya.

"Dan kami pastikan tidak akan melakukan latihan di lapangan terbuka. Sehingga jika ada informasi persipura memulai latihan hari ini senin 23 maret, itu tidak benar, karena tim hanya berkumpul dan dokter melakukan pemeriksaan gejala covid 19. Keputusan resmi dan tertulis dari federasi akan menjadi acuan Persipura," pungkasnya.*