Ditpolairud Polda Papua Gandeng Basarnas Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

Dit Polairud Polda Papua bersama Basarnas Jayapura melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona kepada masyarakat di Pesisir Pantai Kota Jayapura/Humas Polda Papua

JAYAPURA, wartaplus.com-Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dit Polairud) Polda Papua bersama Basarnas Jayapura melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 kepada masyarakat di Pesisir Pantai Kota Jayapura pada Senin (23/3) pagi.

Dalam sosialisasi ini, Dit Polairud Polda Papua bersama Basarnas Jayapura mengunjungi sejumlah lokasi, yakni, APO Pantai, Pantai dok 4, pantai Dok 8, pantai Dok 9, Kampung Kayu Pulau, Kampung Enggros, Pantai Ciberi, dan Hamadi.

Direktur Polisi Air dan Udara Polda Papua, Kombes Pol Kasmolan, mengatakan, sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Polri ikut mencegah penyebaran virus corona di Papua.

Kasmolan mengungkapkan, dalam sosialisasi tersebut pihaknya meminta masyarakat agar menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit infeksi saluran pernapasan dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“ Kita minta masyarakat untuk menerapkan hidup sehat dengan mencuci tangan sebelum makan dengan menggunakan sabun. Kemudian menjaga jarak dengan orang yang sedang sakit,” katanya kepada wartawan di Kota Jayapura, Senin (23/3) siang.

“ Kita menyarankan kepada warga agar mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayuran dan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar  dari ancaman virus yang masuk ke tubuh. Serta harus rajin berolah raga serta menjaga kebersihan dilingkungan kerja maupun tempat tinggal,” sambungnya.

Selain itu, untuk meminimalisir penyebaran virus corona melalui kontak fisik, maka pihaknya juga menghimbau masyarakat agar membiasakan salam tanpa kontak fisik, sebagai contoh meletakan tangan kanan ke dada sebelah kiri atau menyatuhkan kedua telapak tangan dan di taruh di depan dada.

“ Kemudian kita juga meminta orang yang sedang sakit saluran pernapasan untuk menggunakan penutup mulut atau masker saat batuk atau pun bersin sehingga tidak menularkan kepada orang lain, itu sebagai salah satu bentuk pencegahan virus corona,” jelasnya.

Selain sosialisasi upaya pencegahan melalui hidup sehat, pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan berita-berita hoax terkait virus corona.

“ Diharapkan kepada masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada serta mari bersama melawan virus corona. Kami juga menghimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan berita-berita Hoax soal covid-19 ini. mari percayakan informasi yang diterima berasal dari sumber terpercaya,” tandasnya.8