Pemprov Papua Masih Mengkaji Wacana Lockdown, Putusannya Rabu Mendatang

Gubernur Papua, Lukas Enembe menggelar rapat bersama Forkopimda di Gedung Negara/ Istimewa

JAYAPURAwartaplus.com, – Pemerintah Provinsi Papua tengah mempertimbangkan untuk menerapkan status lockdown guna mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 di Bumi Cenderawasih.

Gubernur Papua, Lukas Enembe mengungkapkan, saat ini pihaknya masih memberikan waktu kepada satgas pencegahan covid-19 Provinsi Papua untuk melakukan kajian penanganan covid-19. Dari kajian tersebut pihaknya akan mengambil langkah selanjutnya.

“ Saya berikan kesempatan kepada tim hingga hari Rabu pekan depan. Jadi hari Rabu akan saya umumkan apakah akan lockdown atau pembatasan masyarakat dari luar ke Papua menggunakan kapal atau pesawat,” katanya usai menggelar rapat dengan Forkopimda di gedung negara, Kota Jayapura belum lama ini

Gubernur mengaku, pekan depan pihaknya juga akan menggelar pertemuan dengan bupati se-Papua untuk membahas penanganan covid-19 di Papua.

 “ Kita juga akan melakukan pertemuan dengan seluruh bupati untuk mengambil keputusan karena sejumlah kabupaten sudah mengambil sikap untuk lockdown. Jadi kita akan sepakati bersama apakah lockdown atau tidak,” terangnya.

Disinggung terkait kebutuhan masyarakat seperti bahan pokok, dan kebutuhan lainnya selama penerapan lockdown, gubernur mengaku akan melakukan pertemuan dengan seluruh jajaran untuk membahas kesiapan tersebut.

“ Kita masih melakukan pengkajian. Kita akan pertemuan dengan Pertamina, Bulog, dan semua pihak baru kita ambil keputusan. Kita akan ambil keputusan terbaik untuk masyarakat Papua,” tandasnya.**