Masyarakat Jangan Panik Tetapi Tetap Waspada

Dua Orang PDP di Merauke Positif Covid-19, Salah Satunya Perawat

Pelaksana Tugas Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita, saat memberikan keterangan kepada wartawan di Merauke/Istimewa

JAYAPURA, wartaplus.com-Dua orang Pasien Dalam Pengawasan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke akhirnya dinyatakan positif covid-19. Pelaksana Tugas Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Nevile Muskita, mengungkapkan, dari 5 orang Pasien Dalam Pengawasan yang dirawat, kedunya dinyatakan positif covid-19.

“Perlu kami sampaikan bahwa saat ini di RSUD Merauke sedang dirawat 5 orang PDP. Dari hasil pemeriksaan sampel kami sampaikan bahwa pasien 01 dan 02 di RSUD Merauke positif covid-19,” katanya saat memberikan keterangan pers kepada wartawan di Merauke, Minggu (23/3) siang.

Ia menjelaskan, keduanya merupakan seorang warga yang dirawat sejak pekan lalu di RSUD merauke, sementara pasien 02 merupakan seorang petugas kesehatan yang melakukan kontak dengan pasien 01.

“Pasien 01 adalah seorang laki-laki umur 46 tahun, sementara pasien 02 laki-laki 31 tahun. Pasien PDP 02 ini melakukan kontak dengan PDP 01 sehingga mengalami batuk, pilek dan kita evakuasi ke rumah sakit untuk observasi. Waktu itu kita belum tetapkan sebagai PDP, tapi waktu sampelnya dikirim, yang bersangkutan positif covid-19 bersama dengan pasien 01,” jelasnya.

Nevile mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah merawat 5 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP), kelimanya dalam keadaan cukup baik, namun masih dalam pengawasan ketat petugas kesehatan.

“ Awalnya kita ada 2 PDP, tapi kita ada tambahan 3 PDP lagi yang masuk sejak kemarin. Diantaranya pasien 03 seorang laki-laki laki 51 tahun, pasien 04 laki-laki 31 tahun masuk tadi malam yang selama ini masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP). Yang bersangkutan demam dan memiliki gejala covid-19 sehingga kami rawat di RSUD Merauke dan siang ini kami tetapkan sebagai PDP. Kemudian pasien 05 laki-laki 30 tahun masuk Minggu siang,” ungkapnya.

Nevile menambahkan, selain penambahan PDP, terdapat tambahan pasien Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Merauke, sehingga total saat ini mencapai 62 orang ODP. “Jumlah ODP kita sebelumnya ada 57 orang tapi ada tambahan 5 ODP. Sehingga jumlah ODP kita saat ini ada 62 orang di Merauke,” akunya.

Meski sudah terdapat dua orang yang positif covid-19, dr. Nevile Muskita tetap menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik menghadapi wabah virus corona.

“ Kepada masyarakat jangan panik tetapi tetap waspada. Masyarakat tetap tinggal di rumah dan isolasi diri secara mandiri. Kalau ada keperluan mendesak maka boleh keluar dengan melengkapi diri dengan menjaga jarak dan menggunakan masker. Bagi yang tidak memiliki keperluan sebaiknya di rumah saja karena dapat menekan laju peredran virus ini,” pesannya.