Hadiri Rakor, Pangdam Cenderawasih Paparkan Kesiapan Penanganan Covid-19

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab memaparkan kesiapan Kodam dalam penanganan covid-19 di Rapat Koordinasi bersama Forkopimda Papua/dok.Pendam17

JAYAPURA,  wartaplus.com - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menghadiri Rapat Koordinasi bersama Forkopimda Papua dan Lintas Sektor di Gedung Negara,Dok V Atas, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Jumat (20/03).

 Rapat koodinasi yang dipimpin langsung oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe SIP.MH membahas terkait penanganan dan pencegahan wabah virus corona atau Covid -19. Dimana saat itu status Papua adalah Siaga Darurat.

Dalam paparannya, Pangdam menyampaikan terkait langkah-langkah kesiapan Kodam XVII/Cenderawasih dalam menangani maupun melakukan upaya pencegahan terhadap virus yang kini telah mewabah di sejumlah daerah di Indonesia.

 Terkait merebaknya virus Corona, Pangdam mengatakan bahwa virus ini bukan hanya melanda Indonesia namun di seluruh belahan dunia juga mengalaminya.

“Virus ini telah merebak di seluruh dunia, yang kita pikirkan saat ini adalah bagaimana caranya kita semua untuk mencegah dan mengobati apabila virus ini sudah masuk ke wilayah Papua,“ ujar Pangdam.

Pangdam menguraikan bahwa saat ini TNI Angkatan Darat khususnya Kodam XVII/Cenderawasih sudah mengambil langkah-langka penanganan dari penyebaran virus Covid-19 dengan mendirikan posko pemantauan serta Posko Siaga Penanganan Virus Corona, di Rumah Sakit Marthen Indey Jayapura.

“Terkait penanganan dan kesiapsiagaannya Kodam XVII/Cenderawasih sudah mendirikan Posko di Rumah Sakit TK II Marthen Indey dengan menyediakan lima ruang pengawasan untuk pasien yang sudah suspect serta 30 tempat tidur untuk dijadikan tempat perawatan pasien yang dinyataan positif Corona,” urai Pangdam

Pihaknya  juga menyediakan tim khusus yang akan menangani pasien yang sudah dinyatakan postif Corona

Lebih lanjut, Pangdam juga berharap semua lembaga instansi terkait harus kompak serta hilangkan fungsi sektoral untuk bersama-sama dalam menangani Virus Covid-19 di wilayah Provinsi Papua. “Jangan memikirkan sektor masing-masing,”imbuhnya.

“Saya berharap kita semua harus kompak dalam mendukung pemberantasan virus Covid-19, bukan hanya kompak dalam sektoral masing-masing, tetapi kompak dalam cegah dini dan deteksi dini untuk mengantisipasi perkembangan virus tersebut di Provinsi Papua,”harapnya

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Papua Kapolda Papua, Danrem 173, 174, 172, Sekda Papua, Ketua Bank BI cabang Papua, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Ketua MRP, Danlanud Silas Papare, Danlantamal X Jayapura, Ketua DPRD, Ketua DPRP.(Adv)